Blog Toko
Temukan event, kabar terbaru, dan promosi terbaru di sini!
Mar 03, 2022
Dahsyatnya Ramadhan di Masjidil Haram

 لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ


Tarawih 10 hari terakhir Ramadan itu nikmatnya tak tertandingi.


Mengutip hadis Nabi, pahala salat di Masjidil Haram 100 ribu kali lipat dari pahala di masjid biasa. Tak heran orang dari berbagai dunia berduyun-duyun memenuhi Mekkah.


Terutama pada bulan Ramadhan, kesahduan suasana tarawih: dari mulai bacaan imam-imam besar Masjidil Haram yang merdu membuat jamaah kuat terhanyut dan rela berdiri untuk salat 20 rakaat selama dua jam dari mulai Isya pukul 21.09 hingga pukul 23.00. Siapa yang tak kenal suara bariton Imam Al Ghamidi atau Imam Sudais. Bacaannya kadang mengajak jamaah untuk menangis bersama. Satu malam tarawih biasanya mereka membaca 1 juz Al Quran (setara dengan 20 halaman, jadi satu rakaat sekitar satu halaman Al Quran).



Bukan cuma tarawih yang bikin kangen. Di Masjidil Haram juga digelar salat qiyamul lail (berdiri di saat malam). Salatnya berjumlah 10 rakaat plus 3 rakaat salat Witir. Salat ini digelar pukul 00.40 sampai pukul 02.30 dini hari. Pada setiap salat bacaannya jauh lebih panjang dari bacaan salat Tarawih. Jamaahnya juga membludak. Jadi dalam semalam ada dua gelombang jamaah yakni Tarawih pukul 21.00 dan qiyamul lail pukul 00.40.


Bacaan imam tarawih sudah sangat enak, tapi bacaan imam-imam qiyamul lail lebih dahsyat lagi


Yang bikin dahsyat, qiyamul lail ini pada rakaat terakhir Witir selalu ditutup dengan dia qunut. Tapi, ini bukan qunut biasa seperti yang dibaca di masjid-masjid Nahdlatul Ulama. Ini doa qunut plus-plus. Satu doa bisa dibaca 10-15 menit. Isinya semua dia hafalan di kitab-kitab kuning seperti tertumpah di sini dan Imam membaca doa dengan kesungguhan, suaranya bergetar, membikin merinding dan menangis bersama.




Menikmati Ramadhan di Masjidil Haram itu luar biasa.


Ramadhan di tanah suci sangat meriah layaknya sebuah festival besar. Orang-orang dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong datang.

Sepuluh hari terakhir masjid sangat padat dengan orang i'tikaf. Ribuan orang ini tidak keluar masjid sama sekali; makan, mandi, tidur, semua dilakukan di lingkungan masjid.


Pemerintah Saudi sangat memerhatikan para tamu Allah ini. Mereka difasilitasi dengan tersedianya sahur dan ifthar gratis, bantal, kursi untuk sandaran duduk, selimut, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Singkat kata, silakan datang para tamu Allah, beribadahlah semaksimal mungkin, kebutuhan selama di dalam masjid pasti terjamin.


MasyaAllah….


Shalat Tarawih di Masjidil Haram sambil membaca mushaf Alqur’an itu nikmat sekali. Karena sekaligus bisa tahsin: membetulkan cara membaca Alqur’an langsung dari para imam terbaik di dunia.

Bacaan para imam ini luar biasa indahnya. Kalau kemudian kantuk lenyap, itu hanya bonus saja. Shalat 20 rekaat selama lebih dari dua jam tak akan terasa sama sekali.

Usai Tarawih, kemeriahan sangat terasa di pelataran masjid. Orang-orang duduk-duduk sambil menikmati malam. Sebagian ada yang jalan-jalan pusat perbelanjaan.

Sebagian tetap berdiam di dalam masjid mendaras Alqur’an. Sebagian kembali ke kamar hotel untuk istirahat sejenak sebelum waktunya shalat Qiyamul Lail.


Setelah Qiyamul Lail, orang berbondong-bondong makan sahur. Selesai sahur, jamaah berbondong-bondong kembali menyesaki masjid untuk melaksanakan shalat Subuh dan menunggu hingga waktu syuruq tiba. Lalu kembali lagi ke hotel untuk istirahat sejenak, sebelum balik lagi ke masjid untuk shalat Dhuha. Nikmatnya pola hidup yang terbalik selama Ramadhan di Tanah Suci. Semua orang berlomba-lomba menghidupkan malam dengan berdiam di dalam masjid, shalat, tadarus, berdzikir.


Lelah? Hampir tak terasa sama sekali. Karena ritual ibadah ini tak sekadar butuh ketahanan fisik, namun yang terpenting adalah keikhlasan. Ini sekaligus bisa menjawab pertanyaan mengapa banyak anak kecil hingga orang-orang sepuh yang sanggup bertahan. Dengan aktivitas fisik yang menguras energi, sekaligus jungkir balik waktunya. Siang jadi malam, malam jadi siang. Dalam kondisi ikhlas, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon " baik" yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.


Menikmati jamuan Ramadhan lagi di Tanah Suci adalah sebait doa yang terus kami selipkan di antara doa-doa panjang yang dimunajatkan usai shalat. Semoga suatu saat nanti Allah izinkan kembali.


Biidznillah…

Produk yang Diulas :
Umroh Ramadhan Akhir 18 Hari - Lailatul Qadr
Feb 27, 2022
Kisah Perjalanan Haji Tahun 2019 Bersama Annisa Travel

Alhamdulillah, jalan menuju Baitullah semakin dimudahkan. Menjalani ibadah Haji adalah impian setiap Hamba Allah SWT. Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Kabah langsung dalam jarak dekat dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW. Untuk sedikit mengobati kerinduan Anda, simak kisah perjalanan Haji 2019 bersama Annisa Travel.





Bagi umat muslim ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan, terkhusus bagi muslim yang mampu. Kewajiban melakukan perjalanan ke baitullah tersebut hanya sekali seumur hidup. Kewajiban ini membuat banyak umat muslim berbondong-bondong untuk menuju baitullah memenuhi panggilan Allah SWT. Namun ibadah haji memiliki prosedur pada tiap-tiap negara, kuota haji diatur oleh kerajaan arab dan juga negara masing-masing. 


PT. Radian kharisma Wisata (Annisa Travel) serta Annisa Golden sebagai partner kerjasama tahun 2019 memberangkatkan 86 jemaahnya di musim haji ini. Mereka tergabung dalam rombongan jemaah haji Khusus dan Haji Prioritas. Jemaah haji Prioritas mendapat keistimewaan karena mereka tidak perlu menunggu hingga bertahun-tahun. Perbedaannya, Jamaah Haji Khusus harus mendaftar dan mengambil nomor antrian terlebih dahulu selama 4 sampai 6 tahun sesuai dengan kuota yang ada pada setiap tahunnya. Melihat kondisi itulah Annisa Travel menyediakan paket haji prioritas yang bisa langsung berangkat pada saat pendaftaran. Pilihan Paket Haji Prioritas ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan ingin segera menunaikan rukun Islam kelima. Tahun ini juga jamaah yang ikutserta dalam program Haji Prioritas berasal dari berbagai kalangan, diantaranya adalah Bapak H. Anis Matta (Mantan Wakil Ketua DPR) dan Dokter Tompi beserta istri (Dr. Arti).


Sahabat Annisa dapat menyaksikan video dokumentasi kenangan jamaah haji 2019 bersama Annisa Travel. Nikmatnya haji bersama Annisa Travel karena tidak transit di rumah singgah selama menunggu wukuf, tapi full menginap di hotel Mekkah bintang 5 Dar Al Ghufran sehingga jamaah dapat shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan bisa bermuhasabah setiap malam. Simak dokumentasi selengkapnya di Youtube Annisa Travel melalui link di bawah ini:


Trailer

Part 1 - Keberangkatan Langsung ke Madinah

Part 2 - Muhasabah Menanti Prosesi Haji di Mekkah

Part 3 - Nikmatnya Wukuf di Arafah & Mina

Part 4 - Hujan di Hari Terakhir di Mekkah & Kepulangan Jamaah



Beberapa hal yang merupakan keunggulan dari kedua Paket Haji yang ditawarkan Annisa Travel adalah:


  1. Penerbangan langsung tanpa transit ke Madinah, dan pulang dari Jeddah, sehingga jamaah lebih nyaman dan tidak akan kelelahan dalam perjalanan. Penerbangan yang digunakan adalah Saudi Airlines yang merupakan Maskapai bintang 5 dan anggota SkyTeam.
  2. Akomodasi selama di Madinah dan Mekkah menggunakan hotel bintang 5, full menginap di hotel yang sama tanpa menggunakan apartemen transit / rumah singgah tidak seperti kebanyakan paket Haji yang ditawarkan oleh travel lain
  3. Tenda yang digunakan di Arofah dan Mina menempati Maktab 113 (dengan jarak yang sangat dekat ke Jamarat yaitu 150 meter)
  4. Menggunakan VISA HAJI resmi yang dikeluarkan kerajaan Saudi Arabia, bukan menggunakan jatah Visa Haji Nasional Indonesia
  5. Manasik haji di tanah air, selama perjalanan haji dan pasca haji di bimbing langsung secara intensif oleh Ustadz Dr. Ali Hasan Al Bahar Lc., MA., Ustadz KH. Sopiallah Muhajir, Ustadz Arkani Bahran dan Ustadz Nor Khalim Mansyur
  6. Selama perjalanan ibadah haji, dibimbing oleh pembimbing dan Muthawif/Muthawifah yang berilmu dan berpengalaman, serta didampingi oleh dokter profesional. Semua tenaga handling Annisa Travel di lapangan sudah bersertifikasi.
  7. Selama di kota Madinah akan diisi dengan kajian-kajian tentang Sirah Nabawi secara konfrehensif, dan selama di Mekkah akan diisi denga kajian-kajian tentang kota Mekkah dan Al Qur’an, yang akan di sampaikan langsung oleh Ustadz Dr. Ali Hasan Al Bahar, Lc., MA
  8. Jamaah juga dibekali dengan perlengkapan haji lengkap, sehingga tidak perlu repot mencari perlengkapan yang di butuhkan, serta ketika pada saat Thawaf dan Sai akan dibekali dengan Tour Guide System (TGS) berteknologi Wireless, sehingga menambah kenyamanan dan ke khusu’an jamaah.
  9. Selama perjalanan haji dengan menggunakan Armada Bus terbaru, dari muasasah ternama di Saudi Arabia
  10. Annisa Travel juga menawarkan perjalanan Ibadah Haji Prioritas yang prime time dengan beberapa pilihan lamanya perjalanan. Dari mulai program Haji Prioritas 15 hari, 18 hari hingga 20 hari. Biasanya jemaah akan diberangkatkan pada 4 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah. Di mana tanggal 4 Dzulhijjah merupakan keberangkatan terakhir seluruh Jemaah Haji Indonesia.


Pastikan kenyamanan perjalanan ibadah Umroh & Haji Anda bersama Annisa Travel yang telah memiliki izin resmi Kementerian Agama RI tahun 2018.


Insya Allah, Annisa Travel selalu mengutamakan optimalisasi dengan layanan kekeluargaan. Diharapkan secara psikologis, pendekatan demikian mampu menciptakan harmonisasi sesama jemaah, sehingga diharapkan menjadi Haji Mabrur karena dari awal keberangkatan sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga membuat Jemaah nyaman. Penerbangan, misalnya, direct madinah tanpa transit sehingga tidak menyita tenaga dan waktu. para jemaah selama menjalankan serangkaian ibadah haji akan dilayani para pendamping dan dibimbing ustadz yang mumpuni keilmuannya, sehingga ibadah haji akan lebih khusyuk dan menjadi haji mabrur.


Pelayanan terhadap jemaah dilakukan secara terintegrasi.


Mulai handling di bandara dan imigrasi, special handling selama di Jeddah dan special handling selama pelaksanaan haji karena Annisa Travel akan selalu berusaha menjamin kenyamanan, ketenangan, dan kepastian dalam melayani Anda melakukan proses ibadah Haji maupun Umroh.


Bagi calon tamu Allah SWT yang tertarik atau ingin mendaftar bisa menghubungi kantor Annisa Travel yang beralamat di Jl. Raya Lenteng Agung No. 8 Jakarta Selatan di nomor telepon (021) 2912-7777.


Feb 27, 2022
Mengintip Kemegahan Kota Suku Nabatea Di Petra

Mengintip Kemegahan Kota Suku Nabatea Yordania adalah salah satu negara kecil di Timur Tengah. Menjadi satu-satunya negara di kawasan tersebut yang tidak memiliki tambang minyak, tidak membuat Yordania menjadi negara yang lemah. Justru ternyata ada harta karun yang luar biasa di sana, yakni situs peradaban kuno megah yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang banyak sekali dikunjungi wisatawan dari seluruh penjuru dunia.



Keajaiban tersebut adalah Kota Petra yang dijuluki The Lost City atau Kota yang Hilang. Kota ini telah terkubur dan hampir dilupakan sejak pendudukan Romawi di Yordania sekitar 100M hingga tahun 1800-an saat ditemukan kembali oleh wisatawan Eropa. Dinamai Petra, karena petra berarti batu dalam Bahasa Yunani. Ya, kota ini memang dipahat dan diukir dari tebing tinggi menjadi sebuah kota besar berpenghuni 30.000 orang.


Dibangun sekitar 40 tahun sebelum masehi, Petra ternyata memiliki peradaban yang sudah sangat maju. Arkeolog masih berhasil mengeksplorasi 15% dari keseluruhan kota. Dari temuan tersebut, arkeolog menyimpulkan bahwa Petra dihuni oleh Suku Nabatea yang memiliki pengetahuan hebat dalam bidang arsitektur tata kota. Terbukti, Petra memiliki sistem perairan dan irigasi yang sangat canggih pada zaman itu. Mereka dapat mengalirkan air ke penjuru kota, sehingga memungkinkan penduduk hidup berkecukupan di sana. Bahkan, mereka menggunakan sistem hidrolik untuk memudahkan pekerjaan.


Bukan hanya ilmu pengetahuan yang maju, konon mereka adalah bangsa yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Terbukti dengan temuan sebuah gedung teater yang dapat menampung 4000 penonton. Tidak hanya itu, mereka juga mampu mengukir dinding batu yang eras menjadi hiasan ukiran yang megah.


Untuk masuk ke kawasan Petra, turis diwajibkan membayar tiket seharga 50 JD atau kurang lebih Rp700.000. Dengan tiket tersebut, para pengunjung berhak menunggang kuda hingga gerbang utama menuju Petra Treasury yang merupakan salah satu bangunan utama di lokasi tersebut. Saat memasuki kawasan Petra Anda akan akan melihat jejeran bangunan megah yang dibuat dan dipahat dari batu-batu berukuran raksasa.


Di sini pengunjung akan diajak untuk memasuki lorong sempit yang panjangnya sekitar 1 kilometer. Berjalan pelan-pelan di antara bongkahan batu-batu besar di sisi kiri dan kanan hingga tiba di tempat bangunan utama berada, yakni Petra Treasury. Sebuah bangunan cantik bak istana dengan seluruh dindingnya berwarna kemerah-merahan.


Di samping kisah penemuannya yang membuat takjub, Petra juga tak luput dari jejak sejarah Islam. Petra terletak di antara gunung-gunung, salah satu yang tertinggi adalah Jabal Harun atau Gunung Harun. Konon, di sanalah Nabi Harun AS dimakamkan oleh saudaranya, Nabi Musa AS. Kini, di Jabal Harun berdiri megah sebuah masjid dengan kubah putih yang ramai dikunjungi oleh wisatawan muslim dari berbagai penjuru dunia.


Nah, Apakah Sahabat Annisa tertarik untuk mengunjungi Petra?

Produk yang Diulas :
Umroh Ramadhan Akhir 18 Hari - Lailatul Qadr
Feb 27, 2022
Waspada, 8 Kota Turis Di Eropa Ini Penuh Copet!

Menikmati saat-saat traveling bukan berarti membuat kita tidak aware terhadap keselamatan dan keamanan diri kita di tempat wisata. Waspada itu penting, seperti misalnya mengatur peletakan barang berharga, mengenali rute-rute berbahaya, dan mempelajari tempat-tempat yang rawan kejahatan seperti copet. Bukan hanya di kota-kota besar Indonesia yang siapa tangan-tangan copet nakal, di beberapa kota di luar negeri pun banyak yang demikian. Bahkan di ibu kota negara-negara di kawasan Eropa pun Anda tetap harus waspada. Nah, jika Anda akan segera traveling ke negara di Eropa, beberapa kota ini perlu sekali Anda waspadai.



1. Madrid

Selain lalu lintas yang berantakan, tingginya pencopetan di kota ini perlu diperhatikan oleh para turis. Mengingat banyaknya orang dalam satu ruas jalan, banyak copet yang hilir-mudik beraksi. Pastikan Anda menaruh barang-barang berharga dalam jangkauan dan waspada terhadap orang-orang yang mencurigakan.


2. Praha

Jika Anda berkunjung ke Praha dan mendatangi Charles Bridge, jembatan ikonik ibukota Republik Ceko ini, berhat-hatilah karena ternyata tempat ini adalah sarang para pencopet! Banyaknya wisatawan yang berjubel di daerah ini adalah kesempatan emas orang-orang yang berniat jahat.


3. Barcelona


Sebagai kota di pesisir Laut Mediterania, Barcelona terkenal karena kecantikan kota dan kekayaan arsitekturnya. Walaupun begitu Barcelona memiliki sisi gelap yakni sangat rawan pencopetan. Saat Anda berkerumun di Las Ramblas, jaga baik-baik tas Anda dan barang-barang berharganya.


4. Roma

Banyaknya bangunan bersejarah di Roma menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Di satu tempat wisata saja, puluhan sampai ratusan turis berjejal. Tak jarang turis kehilangan kamera atau barang berharga lainnya di kota ini.


5. Paris

Wisatawan yang berkunjung ke kota ini akan terpusat di Menara Eiffel, Louvre dan Metro. Ramainnya kerumunan orang menjadikan tempat-tempat ini sebagai kawasan yang rawan aksi pencopetan. Sangat penting untuk mengawasi barang-barang kamu ketika di berada kawasan ini.


6. Florence

Jangan terlalu fokus hingga hilang konsentrasi saat menatap karya seni Michelangelo David, karena mungkin bisa saja Anda tidak merasakan pencopet sedang beraksi. Berhati-hatilah saat melewati atau berada di gerombolan orang di suatu objek wisata.


7. Amsterdam

Kota ini memang santai dan ramah, namun tidak berarti Anda aman dari serangan pencopet. Mereka akan menggunakan kesempatan ketika para turis berjejal di ibu kota sambal menikmati keindahannya tapi tidak waspada dengan barang-barangnya.


8. Athena

Athena penuh dengan bangunan bersejarah dan monumen. Kawasan-kawasan tersebut akan sangat ramai dan membutuhkan kewaspadaan bagi para wisatawan. Nah, tapi jangan sampai kewaspadaan Anda membuat paranoid. Tetap nikmatilah perjalanan yang telah Anda persiapkan jauh-jauh hari. Bawalah barang seperlunya dan jangan terlalu mencolok.


Kota-kota tersebut di atas memang indah, tapi sebaiknya kita semua harus selalu waspada terhadap barang bawaan. Yuk, jelajahi Eropa dengan paket Melancong ke Eropa Timur dan Wisata Eropa Barat + Tahun Baruan di Paris bersama Annisa Travel!

Selamat menjelajah Eropa, Sahabat Annisa!


Feb 27, 2022
Inilah Daftar 78 Negara Bebas Visa Untuk WNI Pemegang Paspor Indonesia

Paspor adalah surat yang wajib dibawa ketika bepergian ke luar negeri. Setiap negara juga memiliki kekuatan paspor yang berbeda-beda. Paspor Indonesia memiliki kekuatan yang baik, hal ini terlihat dari bertambahnya daftar negara yang membebaskan syarat visa bagi pemegang paspor Indonesia.



Henley Passport Index merilis daftar lengkap 78 negara bebas visa untuk pemegang paspor WNI. Berikut adalah daftar negara bebas visa untuk Paspor Indonesia :


1. Angola – Visa on arrival 30 hari

2. Armenia – eVisa atau Visa on arrival 120 hari

3. Azerbaijan – Visa on arrival atau eVisa 30 hari

4. Belarus – Bebas visa 30 hari ( harus mendarat di Bandara Internasional Minsk)

5. Bolivia – Visa on arrival atau eVisa 90 hari

6. Brasil – Bebas visa 30 hari

7. Brunei – Bebas visa 14 hari

8. Kamboja – Bebas visa 30 hari

9. Cape Verde – Visa on arrival

10. Chile – Bebas visa 90 hari

11. Kolombia – Bebas visa 90 hari, bisa diperpanjang jadi 180 hari

12. Comoros – Visa on arrival 45 hari

13. Pantai Gading – eVisa, harus mendarat di Bandara Port Bouet

14. Kuba – Tourist card 30 hari

15. Djibouti – eVisa atau Visa on arrival

16. Dominica – Bebas visa 21 hari

17. Ekuador – Bebas visa 90 hari

18. Ethiopia – eVisa atau Visa on arrival

19. Fiji – Bebas visa 120 hari

20. Gabon – eVisa atau Visa on arrival, harus mendarat di Bandara Internasional Libreville

21. Gambia – Bebas visa 90 hari ditambah izin dari Imigrasi Gambia

22. Guinea-Bissau – eVisa atau Visa on arrival 90 hari

23. Guyana – Bebas visa 30 hari

24. Haiti – Bebas visa 90 hari

25. Hong Kong – Bebas visa 30 hari

26. India – eVisa 30 hari di 24 bandara dan 3 pelabuhan

27. Iran – Visa on arrival 30 hari

28. Jepang – Bebas visa untuk pemegang e-paspor

29. Yordania – Visa on arrival 90 hari

30. Kenya – eVisa atau Visa on arrival 90 hari

31. Kyrgystan – eVisa atau Visa on arrival 30 hari mendarat di Bandara Internasional Manas

32. Laos – Bebas visa 30 hari

33. Lesotho – eVisa atau Visa on arrival

34. Macau – Bebas visa 30 hari

35. Madagaskar – Visa on arrival gratis 90 hari

36. Malawi – Visa on arrival 30 hari bisa diperpanjang jadi 90 hari

37. Malaysia – Bebas visa 90 hari

38. Maldives – Visa on arrival gratis 30 hari

39. Mali – Bebas visa 30 hari

40. Marshall Island – Visa on arrival 90 hari

41. Mauritania – Visa on arrival di Bandara Internasional . Nouakchott-Oumtounsy

42. Mauritius – Visa on arrival 60 hari

43. Micronesia – Bebas visa 30 hari

44. Maroko – Bebas visa 90 hari

45. Mozambique – Visa on arrival 30 hari

46. Myanmar – Bebas visa 14 hari

47. Namibia – Bebas visa 90 hari

48. Nepal – Visa on arrival 90 hari

49. Nikaragua – Visa on arrival 90 hari

50. Oman – eVisa atau Visa on arrival 30 hari

51. Palau – Visa on arrival 30 hari

52. Palestina – Bebas visa tanpa keterangan durasi

53. Papua Nugini – Visa on arrival gratis 60 hari, perpanjang dengan biaya tambahan

54. Peru – Bebas visa 180 hari

55. Filipina – Bebas visa 30 hari

56. Qatar – Bebas visa 30 hari, dari Bandara Internasional Hamad

57. Rwanda – Bebas visa 90 hari

58. Saint Kitts and Nevis – Bebas visa 90 hari

59. Samoa – Entry permit 60 hari

60. Serbia – Bebas visa 30 hari dalam 1 tahun berjalan

61. Seychelles – Visitor’s Permit gratis 30 hari

62. Singapura – Bebas visa 30 hari

63. Somalia – Visa on arrival 30 hari di Bandara Bosaso, Galcaio dan Mogadishu

64. Srilanka – eVisa atau Visa on arrival 30 hari

65. St. Vincent and the Grenadines – Bebas visa 30 hari

66. Suriname – Tourist Card 90 hari

67. Tajikistan – Visa on arrival 45 hari

68. Tanzania – Visa on arrival

69. Thailand – Bebas visa 30 hari

70. Timor Leste – Visa on arrival 30 hari

71. Togo – Visa on arrival 7 hari

72. Turki – eVisa atau Visa on arrival 30 hari

73. Tuvalu – Visa on arrival 30 hari

74. Uganda – eVisa atau Visa on arrival

75. Uzbekistan – Bebas visa 30 hari

76. Vietnam – Bebas visa 30 hari

77. Zimbabwe – eVisa atau Visa on arrival 90 hari

78. Turkey - Bebas Visa 30 Hari


Hubungi Annisa Travel melalui 021-29127777 atau WA 0811357777 untuk pengurusan Visa di Jakarta dan informasi lainnya mengenai visa!


Feb 27, 2022
Haramain, Kereta Cepat Saudi Arabia Yang Melayani Jamaah Umrah Haji

Kereta kecepatan tinggi Mekkah-Madinah atau Kereta kecepatan tinggi Haramain adalah sebuah sistem transportasi kereta kecepatan tinggi antar kota di Saudi Arabia dengan jalur sepanjang 449,2 kilometer. Jalur ini akan menghubungkan kota suci umat Islam Madinah dan Mekkah melalui Kota Ekonomi Raja Abdullah (KAEC), Rabigh, Jeddah dan Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Jalur ini akan terhubung dengan jaringan nasional kereta api di Arab Saudi di Jeddah.



"Haramain" yang berarti dua tanah suci, merujuk pada kota Mekkah dan kota Madinah, yang merupakan dua tempat suci bagi umat Islam. Kereta cepat ini bisa mencapai kecepatan hingga 300 km per jam, sehingga waktu tempuh dari Mekkah ke Madinah bisa dipersingkat menjadi hanya sekitar 2 jam saja. Sebelumnya para jamaah harus menghabiskan waktu hingga 6 jam perjalanan menggunakan bus. Jalur kereta cepat ini diharapkan dapat membawa tiga juta penumpang per tahun, termasuk jemaah haji dan umrah, serta membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan-jalan.


Kereta beroperasi setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu dan akan jalan setiap satu jam sekali di masa yang akan datang. Kereta ini mempunyai lima stasiun pemberhentian yaitu:

  1. Makkah
  2. Jeddah
  3. King Abdulaziz International Airport
  4. King Abdullah Economic City
  5. Madinah

Berikut harga kisaran tarif Kereta Cepat Haramain (2018) :


Rute Jeddah - Makkah / Makkah - Jeddah

Kelas Ekonomi: 20 SAR (Rp. 80.000) /

Kelas Bisnis: 25 SAR (Rp. 100.000)


Rute Makkah - Madinah / Madinah - Makkah

Kelas Ekonomi: 75 Riyal (Rp. 300.000)

Kelas Bisnis: 125 Riyal (Rp. 125.000)


Rute Jeddah - Madinah / Madinah - Jeddah

Kelas Ekonomi: 63 Riyal (Rp. 252.000)

Kelas Bisnis: 105 Riyal (Rp. 420.000)


Berikut sekilas pengalaman tim Annisa Travel yang menumpangi Kereta Cepat ini pada Lebaran Idul Fitri tanggal 4 Juni 2019 yang lalu:

Kereta ini belum beroperasi dengan kecepatan maksimal dikarenakan masih dalam tahap uji coba, ketika tim Annisa mencoba naik kereta ini kecepatan ditempuh hanya maksimal rata-rata 175km / jam. Hal ini juga mungkin disebabkan oleh kondisi cuaca panas di jalur yang membelah gurun tandus. Untuk pemesanan kereta ini, dapat dilakukan secara online di website http://hhr.sa atau melalui vending machine yang tersedia di stasiun. menggunakan kartu kredit. 


Stasiun kereta cepat Haramain ini sangat bagus dan memiliki sarana yang lengkap seperti Toilet, Mushola, kafe, Restoran, serta tempat parkir yang luas. Untuk jamaah Umrah Haji yang menggunakan bis/Taksi biasanya dijemput di Pick-up Point lantai Dasar. Sistem Check-In kereta cepat ini sama seperti di bandara pada umumnya, calon penumpang harus menunjukkan print tiket dan paspor masing-masing ke depan counter yang telah disediakan. Porter juga tersedia di beberapa titik di stasiun dengan menggunakan seragam khusus yang mudah dikenali. 


Namun, kereta cepat haramain ini memiliki beberapa kekurangan yang dirasa untuk Jamaah Haji Indonesia seperti:


1. Alur Keberangkatan di Stasiun yang Kurang Efektif

  • Ketika memasuki area stasiun, kami turun dari mobil di lantai dasar (G)
  • Untuk proses check-in harus naik 1 lantai ke area check in (Lantai 1).
  • Setelah proses check-in selesai, penumpang harus melewati antrian security check (X-Ray) yang berada di lantai 2 dan menunggu (boarding) di area tersebut di lantai yang sama (Lantai 2).
  • Ketika kereta akan diberangkatkan, maka penumpang harus turun kembali ke peron yang berada di lantai Dasar (G) menggunakan eskalator atau lift untuk difabel.
  • Alur ini dirasa kurang efektif dan efisien namun hal tersebut dapat dimaklumi karena interior stasiun yang mewah serta nyaman untuk menunggu keberangkatan kereta.


2. Bagasi Harus Membawa Masing-Masing

Sama seperti prosedur turun/naik penumpang di stasiun di Indonesia, walaupun terdapat beberapa porter yang tersedia namun jumlahnya masih sangat sedikit dan penumpang tetap harus membawa masing-masing bagasi saat security check maupun saat berada di peron untuk turun/naik kereta. Jasa porter adalah senilai 20 Riyal untuk 1 koli bagasi dan Trolley tersedia dengan harga yang sama. Annisa Travel sangat menyarankan untuk tidak membawa bagasi yang beratnya di atas 20kg karena kompartemen yang sangat terbatas di dalam kabin kereta dan tidak ada tenaga porter/pramugari yang membantu menaikturunkan bagasi jamaah. 


3. Tidak bisa memilih seat serta Belum ada Pemisahan Gerbong Antara Akhwat dan Ikhwan

Ketersediaan gerbong dan jadwal yang masih sangat terbatas menjadikan pemesanan tiket kereta ini dilakukan segera dan tidak bisa mendadak. Sehingga jamaah tidak bisa memilih tempat duduk serta belum ada pemisahan gerbong antara Akhwat dan Ikhwan. Besar kemungkinan saat menaiki kereta ini jamaah akan terpisah dengan keluarga maupun jamaah yang satu rombongan.


Anda Dapat Memesan Tiket Kereta Cepat Haramain Ini Melalui Call Center Annisa Travel 021-29127777 Atau WhatsApp 0811-356-7777. Demikian kisah pengalaman menaiki kereta cepat Haramain oleh tim Annisa Travel. Semoga kereta cepat ini dapat menjadi alternatif transportasi yang lebih cepat dan nyaman untuk jamaah umrah haji Indonesia di masa yang akan datang. (KN)


Feb 27, 2022
Laporan Audit Hasil Sertifkasi BPW Annisa Travel

Annisa Travel telah memiliki sertifikasi usaha pariwisata yaitu usaha perjalanan wisata bidang biro perjalanan wisata sejak bulan Juli 2018 yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) melalui Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata PT. Tirta Murni Sertifikasi yang berlokasi di Depok.


Tanggal 12 Juni 2019 PT. Radian Kharisma Wisata (Annisa Travel) melaksanakan audit pengawasan (Audit Surveillance) yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali selama masa berlaku sertifikat yaitu 3 tahun. Audit pengawasan dilakukan untuk melihat konsistensi terhadap penerapan regulasi pariwisata yaitu Peraturan Menteri Ekonomi dan Kreatif (PERMENPAREKRAF) nomor 4 tahun 2014 dan perubahan nomor 8 tahun 2014 tentang usaha perjalanan wisata.


Menurut Ibu Putri Anggraini, lead auditor yang ditugaskan oleh Tirta Murni Sertifikasi (TiMS) yaitu Lembaga Sertifikasi yang juga telah ditunjuk oleh kementerian pariwisata, "Pada saat audit ini, PT. Radian Kharisma Utama harus dapat terus menjaga konsistensi dalam penerapan unsur dan sub unsur yang telah ditetapkan, sebanyak 38 unsur yang harus terus dipenuhi, saat audit pengawasan akan datang semoga lebih konsisten dalam penerapannya", imbuhnya.


Sebagai perwakilan perusahaan PT. Radian Kharisma Utama (Annisa Travel) dengan menerapkan regulasi dari kementerian pariwisata melalui sertifikasi usaha, banyak memberikan dampak positif kepada seluruh personil yang terlibat, serta dalam kemajuan perusahaan, sehingga seluruh travel akan menerapkan sesuai standar yang berlaku dari mulai produk, pengelolaan dan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan/jamaah. 


PT. Radian Kharisma Wisata Dengan Brand Perusahaan Annisa Travel, Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Biro Perjalanan Wisata Haji Dan Umroh Yang Mempunyai Produk Paket Umrah Dan Haji Plus, Paket Wisata Domestik, Internasional, Edukatif Dan Wisata Halal, Selain Itu Juga Coorporate Travel Management. Memiliki Head Office Beralamat Di Antam Office Park Tower B – Mezzanine Floor. Jalan TB Simatupang No. 1 Jakarta Selatan 12530, Dan Workshop Beralamat Graha Annisa – Jalan Raya Lenteng Agung No. 8A Jakarta Selatan, Website : Https://Www.Annisatravel.Com/, Dibawah Pimpinan Ibu Hj. Eri Heriawati Sebagai Direktur Utama. (AR)


SUMBER

Feb 27, 2022
Made In Indonesia Expo 2018 Di Jeddah Hadirkan 13 Ribu Pengunjung


Elshinta.com - Pameran tunggal bertajuk Made in Indonesia Expo 2018 yang digelar selama empat hari, 28 November – 1 Desember, di Jeddah Center for Forums and Events, berhasil membukukan total transaksi senilai USD14.024.102,07 atau kurang lebih setara dengan Rp200 miliar.


Data pengunjung yang dirilis oleh PT Wahyu Promo Citra selaku Event Organizer menyebutkan, pameran tunggal yang menghadirkan 75 anjungan produk-produk dan jasa dari berbagai perusahaan di Indonesia ini mencapai lebih dari 13 ribu pengunjung.


Produk unggulan Indonesia yang dipamerkan antara lain, produk olahan kelapa sawit (minyak sawit dan mentega), furniture, karoseri mobil/bus, bumbu dan rempah, teh dan kopi, busana muslim, kain songket, sepatu, kertas, perhiasan, makanan olahan (bakso, sarden, rendang, keripik buah, nugget, saos, kecap dan santan kelapa).


Sementara untuk promosi destinasi pariwisata dan investasi, ditawarkan berbagai pilihan dan peluang pada sejumlah provinsi dan daerah di Indonesia.


Dalam siaran pers KJRI Jeddah yang diterima Redaksi elshinta.com, Selasa (4/12) malam, diinformasikan bahwa di sela-sela kegiatan pameran Indonesia Expo 2018, diselenggarakan pula kegiatan forum bisnis sebanyak 5 kali, yang mengupas seputar hubungan perdagangan Indonesia - Arab Saudi dan prospek palm oil Indonesia, tenaga kerja profesional Indonesia, kerjasama perdagangan dan investasi Indonesia - Arab Saudi, potensi sektor parwisata di Indonesia dan seputar pangan dan otomotif.


"Jadi pameran ini untuk mempromosikan Indonesia di Arab Saudi khususnya dan Timur Tengah umumnya. Indonesia belum dipandang sebagai sebuah negara yang memiliki potensi hubungan dagang atau tempat wisata dan investasi yang menguntungkan," kata Ketua Penyelenggara Pameran Indonesia Expo 2018, Sukur Sakka.


Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin menegaskan bahwa pelaksanaan pameran tunggal perdana yang memadukan promosi di bidang Trade, Tourism and Investment (TTI), termasuk promosi penempatan tenaga kerja profesional, ini merupakan wujud komitmen kerja sama yang telah dihasilkan dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada awal Maret 2017. 

Konjen Hery menilai, pameran tunggal ini merupkan momentum strategis untuk melakukan penetrasi dan ekspansi pasar produk-produk ekspor Indonesia ke Arab Saudi dan kawasan Timur Tengah lainnya.Ditegaskan Konjen bahwa Arab Saudi merupakan pasar yang cukup menjanjikan bagi berbagai produk ekspor Indonesia. Indonesia, kata dia, merupakan negara pengirim jamaah haji terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 221 ribu orang, ditambah jamaah umrah yang berjumlah lebih dari 1,2 juta orang per tahun.


"Berbagai produk ekspor Indonesia yang terkait kebutuhan catering, akomodasi dan transportasi haji dan umrah menjadi peluang pasar yang perlu digarap bersama secara baik," ucap Konjen Hery.


Secara statistik, lanjut Konjen, nilai ekspor non-migas Indonesia ke Arab Saudi pada akhir tahun 2017 mencapai US$ 1,38 miliar atau naik 3,8% dibandingkan tahun 2016 sebesar US$ 1,33 miliar, dengan surplus perdagangan mencapai US$ 627 juta.


Di sela-sela kegiatan misi dagang dan pameran Indonesia Expo 2018 telah dilakukan penandatanganan sebanyak 15 perjanjian kerja sama dalam bentuk Letter of Agreement (LoA) dan Letter of Intent (LoI).


Dalam penyelenggaraan ini Annisa Travel bertindak sebagai Official Travel Partner yang mengakomodir perjalanan para Eksibitor selama kegiatan berlangsung termasuk perjalanan ziarah Madinah dan Mekkah yang turut dihadirkan atas permintaan para peserta pameran.


SUMBER

Feb 27, 2022
10 Destinasi Wisata Luar Negeri Favorit Milenial Indonesia

Dream - Tren traveling anak kekinian memang sudah jauh berbeda dibandingkan generasi old. Dengan tarif pesawat yang semakin murah, anak muda sekarang banyak yang berburu travel ke luar negeri.


Yak hanya destinasi wisata di sekitar Asia, banyak generasi milenial memanfaatkan tiket murah penerbangan untuk terbang ke negara nun jauh.


Baru-baru ini maskapai penerbangan bertarif rendah milik Singapore Airline Group, Scoot, ternyata telah merekam kebiasaan anak kekinian Indonesia dalam urusan traveling.


Scoot melakukan penelusuran dari pemesanan tiket terbanyak yang dilakukan penumpang milenial Indonesia sejak Januari hingga Oktober 2018.



Milenial selama ini memang terkenal akan jiwa petualang, spontanitas, dan cenderung memilih gaya traveling yang ramah di kantong. Berdasarkan data Scoot, sekitar 85 persen traveler milenial Indonesia memilih tarif FLY fares tanpa tambahan bagasi, cukup memanfaatkan kuota bagasi kabin cuma-cuma 10 kg Scoot.


Data Scoot juga mengungkapkan bahwa selama 10 bulan terakhir, lebih dari 50 persen milenial Indonesia telah melakukan traveling dua kali, masing-masing selama satu hingga empat hari. Temuan ini menunjukkan bahwa milenial lebih suka traveling singkat namun sering.


Hasil penelusuran diketahui jika anak milenial di Tanah Air banyak memilik destinasi wisata kota-kota Asia. Bangkok menjadi destinasi favorit untuk kalangan milenial di Indonesia. Disusul Hong Kong dan Melbourne, Australia.


Destinasi ‘baru’ yang mulai populer di kalangan milenial Indonesia adalah Ho Chi Minh, terkenal akan biaya yang terjangkau, wisata kuliner, dan pemandangan alam yang menakjubkan.


Melihah tren tersebut, Scoot menggelar promosi pada 7 – 11 November 2018 untuk menginspirasi traveler Indonesia untuk memesan beberapa tiket penerbangan sekaligus di muka supaya mereka dapat menanti-nanti liburan berikutnya setiap hari selama setahun, atau “ holiyear”.


Untuk membantu lebih banyak traveler mencapai destinasi impian mereka, promosi meliputi diskon untuk rute dari Jakarta, Surabaya, Palembang, Pekanbaru dan Denpasar ke berbagai destinasi via Singapura, dengan harga mulai Rp289.000.


“ Kami terus mencari destinasi baru dan menarik untuk penumpang kami,” kata Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot. “ Milenial selalu terdepan dalam inovasi traveling, dan Scoot juga berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam tren traveling untuk mengembangkan ide dan produk yang meningkatkan pengalaman konsumen.”


Berikut daftar 10 destinasi favorit di kalangan milenial Indonesia tahun 2018:


1. Bangkok

2. Hong Kong

3. Melbourne

4. Sydney

5. Taipei

6. Guangzhou

7. Malé (Maldives)

8. Jeddah

9. Ho Chi Minh

10. Phuket


SUMBER

Feb 27, 2022
Eksekutif Zaman Now, Weekend Di Baitullah Senin Sudah Ngantor Lagi!

RADARPENA.CO - Annisa Travel kini sedang gencar menyasar pasar premium lewat umrah weekend. Program ini diperuntukkan bagi para kaum muslim yang supersibuk yang merindukan untuk berkunjung ke Baitullah di Makah dan Raudhatul Jannah di Madinah.


Direktur Utama Annisa Travel Eri Heriawati mengatakan, program umrah weekend ini sangat menarik dan cukup banyak peminatnya. 


”Ini program untuk eksekutif zaman now. Program weekend di Baitullah ini, kami bisa mengatur agar perjalanannya seoptimal mungkin dan tetap mendapat kenyamanan dalam melepaskan rindu hati kita di depan Baitullah. Adapun jadwal perjalanan ini sudah kami kemas dengan sangat baik dan menyenangkan,” terang Eri kepada Radarpena. 



Program umrah weekend itu, katanya, hanya empat hari. Hari pertama, berangkat pada Jumat pagi dengan menggunakan pesawat langsung menuju Madinah. ”Tiba di hari yang sama, di Madinah bermalam 1 malam saja,” kata mantan karyawan Garuda itu. 


Esok harinya, yaitu Sabtu pagi, berziarah ke Makam Rasulullah di Raudah. 


Setelah salat Dzuhur dan makan siang, check out dari hotel di Madinah dilanjut dengan ziarah kota Madinah dan langsung mengambil Miqot di Bir Ali . Setelah melakukan Miqot langsung perjalanan menuju Mekkah.


”Perjalanan menuju Makah ini bisa kita tempuh dengan mobil private atau dengan pesawat terbang . Keduanya adalah pilihan, tergantung mau pilih yang mana,” katanya. 


Setiba di Makah, usai check in hotel tim pembimbing sudah menunggu untuk memandu jamaah untuk melakukan ritual Umrah, yaitu tawaf, sa'i, dan tahalul. ”Setelah selesai melaksanakan Umroh , jamaah bisa beristirahat di hotel,” katanya. 


Hari ketiga, yaitu Minggu siang, melakukan tawaf wada dan check out hotel dan langsung menuju Jeddah untuk kembali ke Jakarta. Tim Annisa akan selalu mendampingi perjalanan sampai check in pesawat. Dilanjutkan penerbangan langsung menuju Jakarta. 


Hari keempat tiba di Jakarta pagi hari dan jamaah bisa langsung masuk kantor dan melakukan aktivitasnya kembali.


”Semoga program ini adalah solusi terbaik buat jamaah yang supersibuk. Dan yang perlu digarisbawahi, untuk perjalanan weekend di Baitullah ini bisa dilakukan kapan saja dan tanpa harus menunggu jamaah grup. Jadi bisa lebih leluasa dan nyaman tanpa harus ada beban untuk saling tunggu-menunggu,” kata Eri lagi.


SUMBER

Feb 27, 2022
Menjelajahi Pesona Vietnam

Di akhir pekan, biasanya apa yang biasa Sahabat Annisa lakukan? Liburan, di rumah aja atau keluar buat ngopi-ngopi santai sambil nongkrong bareng temen main?


Buat anak muda kekinian kayak kamu, sepertinya ngopi sudah menjadi gaya hidup. Kalau sudah biasa nongkrong, pasti tahu dong Kopi Vietnam? Yup, minuman khas dari Vietnam memang jadi favorit. Tapi jangan salah loh, Vietnam bukan hanya terkenal karena kopinya, negara ini ternyata punya banyak keunikan yang dijamin bikin kamu ingin travelling ke sana! 


Annisa Travel ingin berbagi pengalaman dan keseruan ketika mendapat undangan dari Vietnam Airlines untuk mengikuti FamTrip ke Vietnam Utara, dari tanggal 21-26 September 2018 lalu. Kami pergi bersama 14 perwakilan travel agent lainnya. 



Penerbangan langsung dari Jakarta menuju Hanoi belum tersedia, sehingga kami harus transit terlebih dulu di Tan Son Nhat International Airport, Ho Chi Minh. Lama perjalanan kurang lebih 4 jam. Meskipun secara resmi kota modern di selatan Vietnam ini bernama Ho Chi Minh, penduduk Vietnam masih sering menyebutnya Saigon.


Sesampainya di Ho Chi Minh, kami langsung meneruskan penerbangan ke Noi Bai International Airport, Hanoi selama 1,5 jam. Penerbangan menuju Hanoi sangat padat sekali setiap harinya, sehingga kami habiskan waktu transit untuk mengantri menuju boarding room. 


Kelelahan selama di perjalanan akhirnya terbayar oleh rangkaian FamTrip yang sangat seru dan tak terlupakan. Dari pengalaman FamTrip ini, ada beberapa rekomendasi tempat yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Vietnam, setidaknya harus mencoba sekali dalam seumur hidup.


1. Ha Long Bay


Pernah dengar destinasi wisata terkenal “Phi Phi Island” di Thailand? Ternyata Vietnam juga punya tempat serupa bernama Ha Long Bay. UNESCO baru meresmikan lokasi wisata alam ini sebagai 7 Keajaiban Dunia. Enggak heran sih, karena Ha Long Bay sangat menarik untuk kamu jelajahi. Pemandangannya pasti bikin jatuh hati. 


Untuk sampai ke Ha Long Bay, jarak yang ditempuh sekitar 170 KM atau 4 jam perjalanan dari Hanoi menggunakan bus atau mobil. Enggak ada cara lain, karena belum tersedia kereta. Selama di perjalanan, kami disuguhkan pemandangan indah seperti bentangan sungai merah, perkebunan, pegunungan, dan rumah-rumah klasik Vietnam bergaya Perancis yang biasanya masih bercat kuning. 

Catat spot-spot indah di Ha Long Bay untuk dikunjungi, seperti Incense Burner, Dog Stone Islet, Fighting Cock, Soi Sim Beach dan Coconut Three Island. Agar puas berkeliling, kamu bisa bermalam di atas cruise sambil menikmati view jajaran gunung kapur di atas teluk yang berair jernih. Layaknya hotel, cruise di Ha Long Bay disewakan sesuai fasilitasnya, mulai dari bintang 2 sampai bintang 5. Kamu bisa menyaksikan Cooking Class di atas sundeck sambil bersantai menikmati sunset, memancing cumi-cumi pada malam hari, atau mengikuti sesi Tai Chi di pagi hari. Makanan yang disajikan pun halal alias tidak mengandung “pork”, dan pilihannya bervariasi mulai dari menu tradisional khas Thailand hingga western food seperti BBQ.


Jangan lupa kunjungi Tung Sau area, di mana kamu bisa melihat langsung penangkaran mutiara dan proses pengolahannya yang masih tradisional, mulai dari pemilahan kerang, mengambil mutiara dari dalam kerang sampai membuat perhiasan dari mutiara. Sambil berkunjung ke tempat ini, kamu bisa bermain kayak selama 40 menit dan menikmati keindahan Ha Long Bay dari atas air dengan kedalaman 5-7 meter. Dijamin seru!


Belum cukup sampai di situ, coba sempatkan waktu untuk mampir ke Ti Top Island. Pulau kecil yang terkenal dengan adanya patung besar seorang astronaut dari Rusia bermana Ghermann Titov—yang turut berjasa menyatukan Vietnam Utara dan Selatan saat perang saudara kala itu. Berkat kontribusinya, Ho Chi Minh menyematkan nama Ti Top untuk pulau indah ini. Di sini, kamu bisa bermain volley pantai bahkan berenang jika airnya sedang tenang. 


Satu lagi spot yang harus kamu kunjungi selama di Ha Long Bay yaitu Sung Sot Cave. Goa paling besar dari tiga goa di Ha Long Bay. Siapkan diri untuk menyusuri sekitar 100 anak tangga dan 1,2 Km jalan setapak untuk mengillinginya. Segala kelelahanmu akan sebanding dengan pemandangan menakjubkan ketika sampai di dalam goa! Jangan lupa gunakan sepatu yang aman karena jalannya licin.



2. Tam Coc, Ninh Binh


Buat yang sudah nonton King Kong: Skull Island, kamu pasti terpukau dengan lokasi filmnya kan? Shooting filmnya ternyata berlokasi di Tam Coc, Ninh Binh. Dalam bahasa Vietnam, Tam Coc berarti “Tiga Goa”.


Tempat ini hampir mirip dengan Ha Long Bay, sama-sama dikelilingi gunung kapur dan air jernih. Bedanya, di sini kamu akan berkeliling menggunakan perahu dayung, bukan dengan kapal pesiar. Suasana perkampungan dengan alam yang masih sangat asri dan budaya Vietnam yang kental akan langsung terasa ketika menginjakan kaki di Ninh Binh.


Untuk mengelilingi Tam Coc, kamu harus berlayar di atas perahu kayu ditemani seorang pendayung wanita paruh baya. Bayangkan, ibu-ibu ini akan membawamu berkeliling selama 2 jam melewati goa-goa berbatu tajam. The power of emak-emak! Jangan lupa pakai sunblock, karena wajah rupawanmu akan terpapar sinar matahari yang terik. Kamu bisa mengajak maksimal 3 orang lainnya agar ada teman untuk berfoto ria dan selfie, karena pemandangan sekeliling Tam Coc sungguh memanjakan mata dan mendamaikan batin. Indah sekali dan sayang jika tidak diabadikan!


Di sekeliling Tam Coc, banyak terdapat kuil atau tempat ibadah untuk Konghucu dan Budha. Kamu juga akan menemui properti film King Kong yang sengaja ditinggalkan di sana. Setelah melewati tempat shooting King Kong, kamu bisa melihat rumah-rumah tradisional Vietnam dan berfoto bersama para penjaganya yang ramah. 



3. Ho Chi Minh Mausoleum


Ho Chi Minh, kota modern yang berada di Selatan Vietnam ternyata memiliki makna mendalam bagi rakyat Vietnam. Ho Chi Minh sendiri adalah nama pemimpin paling berpengaruh di Vietnam yang menganut paham komunis. Ia berhasil memimpin perjuangan rakyat Vietnam untuk melawan penjajah hingga akhirnya memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 2 September 1945. Semasa hidup, Ho Chi Minh juga dikenal sebagai pemimpin yang merakyat dan sangat peduli terhadap rakyat kecil. Berkat jasanya yang begitu besar, jenazah Ho Chi Minh diabadikan di “Ho Chi Minh Mausoleum”. Sama seperti Vietnam, ada beberapa negara yang mengawetkan tubuh pemimpin negaranya yang berjasa sangat besar, yaitu Vladimir Lenin dari Rusia, Mao Zedong dari China, dan Kim ll-Sung dari Korea Utara.


Bangunan kokoh bergaya arsitektur Rusia ini berukuran setinggi 21,6 Km dan memiliki panjang 41,2 Km, dikelilingi halaman seluas 240 m2 dan berlokasi di Ba Ninh Square, Hanoi. Cukup membuat kami lemas berjalan kaki karena saking luasnya. Tiket masuk ke mausoleum gratis, dan hanya dibuka untuk publik dari hari Selasa sampai Kamis pukul 08.00 – 11.00, sedangkan hari Senin, Jumat bulan Oktober dan November ditutup. 


Ketika masuk ke dalam, pengunjung dilarang mengambil foto atau video, tidak boleh ribut, masuk satu per satu dan harus terus berjalan tanpa berhenti. Paman Ho, panggilan akrab Ho Chi Minh, begitu diagungkan oleh rakyatnya sehingga semua yang menjenguk harus khidmat. Di dalam mausoleum, terbaring jenazah Ho Chi Minh yang diawetkan, lengkap dengan bendera Vietnam dan Komunis di belakangnya. 


Saat berkunjung, pastikan patuhi aturan yang berlaku. Tempat ini dijaga dan diawasi sangat ketat oleh tentara jaga yang selalu memperhatikan gerak-gerik pengunjungnya. Cari aman deh. Nikmati momennya tanpa melanggar aturan dan tetap jaga kebersihan ya. 


Di sekitar mausoleum terdapat beberapa tempat iconic yang bisa kamu kunjungi, seperti tempat tinggal Ho Chi Minh semasa hidup, Ho Chi Minh Museum, One Pillar Pagoda, Temple of Literature, Old Quarter, dan Hoan Kim Lake.



4. Water Puppet Show


Kalau Indonesia punya Wayang, Vietnam punya pertunjukan boneka air. Pertunjukan ini merupakan bagian dari seni budaya turun temurun Vietnam yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11 atau sekitar 1000 tahun lalu di zaman dinasti Ly. Pada saat itu sedang tidak ada perang, sehingga warga memiliki banyak waktu untuk bersantai, membuat berbagai macam kerajinan tangan, dan mengadakan festival. Salah satunya hasilnya adalah pertunjukan boneka air ini. 


Kabarnya, pertunjukan ini berasal dari Vietnam Utara di sekitar Sungai Merah. Untuk menjaga tradisi asli, sampai saat ini pertunjukannya masih berbahasa Vietnam. Para turis mungkin tidak akan paham, tetapi visualisasi gestur dari para boneka cukup mudah dimengerti. Intinya, pertunjukan boneka air ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat desa di Vietnam yang mayoritas menghabiskan waktunya untuk bertani, berkebun dan menjadi nelayan. 


Aspek lain yang membuat pertunjukan ini sarat dengan budaya Vietnam adalah musik tradisional yang mengiringinya. Alat musik yang dimainkan antara lain suling bambu, lonceng kayu, harpa, simbal, terompet, dan alat musik serupa gendang. Alunan musik tradisional Vietnam melengkapi gerak gerik boneka yang berjumlah sekitar 7 hingga 11 pasang; menyerupai manusia dan hewan. Di atas panggung air yang dalamnya sekitar sepinggang badan orang dewasa, terdapat rumah-rumahan adat Vietnam tempat pemain boneka bersembunyi dan mengontrol bonekanya. Butuh waktu latihan sekitar 3 tahun sebelum mereka tampil menghibur penonton umum.


Pertunjukan ini berlangsung hingga 1 jam. Harga tiket untuk 1 kali pertunjukan adalah 100.000 Dong. Tak perlu khawatir kehabisan tiket, karena “Water Puppet Show” tayang 4 kali dalam sehari di dua teater, yaitu Thang Long Water Puppet Theatre di seberang Hoan Kim Lake, dan Lotus Water Puppet. Jangan lewatkan pertunjukannya ya jika kamu mengunjungi Hanoi. 



5. Perkampungan Serat Bambu di Ninh Binh


Ninh Binh rupanya mempunyai satu-satunya perkampungan di Vietnam yang menjadi produsen aneka perlengkapan rumah tangga dari serat bambu. Sebaiknya berkunjung ke sini sambil menempuh perjalanan menuju Tam Coc. Kamu akan diajak masuk ke kelas untuk melihat demo produk, kemudian dibawa ke toko yang menjual produk-produk olahan bambu tersebut. Tenang saja, penjelasan demonya berbahasa Inggris dan dibawakan dengan cukup jelas.


Serat bambu ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Lebih sehat, ramah lingkungan dan tahan lama dibandingkan kapas. Karena kualitasnya yang sangat baik, barang-barang dari Ninh Binh ini sudah banyak dipakai di berbagai hotel mewah di seluruh dunia atau menjadi bahan perlengkapan olah raga merek-merek ternama. Produk yang dijual diantaranya, pakaian dalam, bantal, selimut, peralatan kebersihan, perlengkapan mandi, dan perabotan rumah tangga. 


Tidak heran jika harga produk olahan serat bambu dibandrol lumayan mahal. Agar bisa lebih hemat, biasanya toko ini menawarkan promo dalam pembelian banyak. Jadi lebih baik beli beramai-ramai bareng teman.  


6. Dong Xuan Market


Tempat paling dicari dan diserbu para turis! Ya, Dong Xuan adalah tempat membeli aneka macam oleh-oleh dan produk lokal Vietnam. Pasar ini berlokasi strategis di jantung kota Hanoi, diapit oleh Hang Khoai Street dan Cau Dong Street. Dong Xuan menjadi pasar terbesar dan tertua di Vietnam yang dibangun pada abad ke-19 tahun 1889. Tak heran jika bangunannya masih bergaya Prancis dengan dinding berwarna kuning.


Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali jajanan, pakaian, souvenir dan makanan khas Vietnam. Sebenarnya Dong Xuan lebih ditargetkan untuk penduduk Vietnam dibanding wisatawan, sehingga harganya terjangkau dan bisa ditawar. Pasar ini memiliki 4 lantai dan masing-masing lantai memiliki segmen khusus.


Lantai paling bawah menjadi surga untuk berbelanja segala jenis souvenir, tas, sepatu, pernak pernik dan makanan, sedangkan lantai atas tempat berjualan pakaian wanita, pria dan anak-anak, dan bermacam-macam kain. 


Itulah beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi jika berwisata ke Vietnam. Selama Famtrip, kami juga mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi, makan malam bersama dengan keluarga Bapak Ibnu Hadi, Duta Besar RI untuk Vietnam, serta Dewan Masjid Indonesia yang kebetulan sedang mengadakan kunjungan ke sana. Kami bercerita banyak pengalaman selama FamTrip, dan bertukar pikiran mengenai potensi wisata Vietnam dan Indonesia.


Malam sebelum kami pulang ke Jakarta, seluruh delegasi travel agent diundang ke Gala Dinner di Luc Thuy Restaurant, yang diselenggarakan oleh Vietnam National Administration of Tourism. Di acara tersebut, kami bertemu dan berbincang dengan stakeholder dari Vietnam Travel Group, VietCharm dan Vietnam Airlines selaku penyelenggara FamTrip. Menyenangkan sekali bisa berwisata sekaligus menambah relasi dan jejaring baru. 


Orang-orang Vietnam biasanya akan merekomendasikan kamu untuk mencicipi makanan tradisional mereka, yaitu Pho (dibaca “Feu”)—menu berbahan pokok mie dari tepung beras, dicampur dengan irisan daging dan kuah kaldu bertabur daun bawang. Mirip seperti bihun, namun teksturnya lebih lembut dan kaya serat karena ukurannya yang lebih lebar. Bagi yang ingin berbekal oleh-oleh saat pulang, pastikan membawa kopi, pia durian atau biji bunga teratai (lotus seeds) khas Vietnam ya.


Untuk tempat menginap, ada banyak pilihan hotel di pusat kota Hanoi yang dekat dengan berbagai destinasi wisata yang kami sebutkan di atas, seperti Thang Long Opera Hotel, dan Flower Garden Hotel di Hanoi, atau The Reed Hotel di Ninh Binh. 


Satu hal yang menjadi kendala berwisata di Vietnam adalah tempat ibadah yang masih sangat minim, terutama untuk Muslim. Maka dari itu, sempatkan untuk beribadah di penginapan sebelum berpergian. Sedangkan untuk makanan Halal tidak perlu dikhawatirkan, karena sudah banyak tersedia makanan tanpa kandungan babi di berbagai restoran dan tempat makan. Dari segi keamanan, Vietnam termasuk negara yang minim kriminalitas. Hal ini dipengaruhi oleh aturan negara komunis yang tegas dan tidak pandang bulu terhadap siapapun sehingga membuat warga jera. 


Vietnam dengan segala keindahan alam dan keunikan budayanya memiliki potensi wisata yang besar. Sama halnya seperti Indonesia, penduduk negara ini sangat ramah terhadap turis, begitu pun kondisi alamnya yang cenderung panas seperti Jakarta. Orang Indonesia yang berwisata ke Vietnam pasti akan mudah menyesuaikan diri. Kami ingin kembali ke Vietnam untuk menjelajah lebih banyak tempat yang belum sempat dikunjungi. Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah pernah berlibur atau tertarik pergi ke Vietnam? (R)


Feb 27, 2022
Persiapan Fisik Untuk Haji Atau Umroh

Annisatravel.com - Beribadah bukan hanya membutuhkan kesiapan batin, melainkan juga fisik yang sehat. Walaupun kita memang diberikan kemudahan dalam beribadah sesuai dengan kemampuan fisik, namun alangkah bahagianya jika kita dapat beribadah saat badan sedang sehat.


Hal ini pun juga berlaku untuk ibadah di tanah suci.


Umroh, terlebih haji, membutuhkan persiapan stamina tubuh yang bagus. Untuk tawaf dan sa’i saja, seorang jamaah perlu untuk mengeluarkan tenaga yang tidak sedikit. Belum jika harus berdiam diri di Arafah dengan suhu yang tinggi, bermalam di Mina, berdesak-desakan kala melempar jumrah, dan lain sebagainya. Tentu saja kesiapan fisik jamaah perlu dipersiapkan baik-baik.



Nah, apa saja yang harus dilakukan agar tubuh selalu fit saat perjalanan ibadah? Berikut ini rinciannya.



1. Jaga Pola Makan

Makanan yang kita konsumsi memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh kita. Untuk itu, kita perlu menjaga baik-baik pola makan kita, sebelum dan selama perjalanan. Hindari makanan cepat saji, berlemak tinggi, ddan kafein. Perbanyak buah, sayur, dan protein. Waktu makan pun harus teratur dengan porsi yang seimbang. Mengonsumsi vitamin atau suplemen juga dianjurkan, namun harus sesuai dengan kebutuhan.



2. Istirahat Cukup

Tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup agar dapat bekerja dengan maksimal. Pergunakan waktu dan tenaga dengan bijaksana. Lebih baik penuhi hari-hari dengan beribadah dan kegiatan yang bermanfaat. Kurangi melakukan kegiatan yang buang tenaga namun tidak berfaedah.



3. Olahraga Teratur

Tidak harus olahraga yang berat, Anda juga dapat melatih tubuh dengan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan dan senam irama sederhana. Jika Anda suka jogging atau bersepeda, hal tersebut bisa menjadi pilihan yang bagus. Usahakan tubuh Anda sudah dipersiapkan dengan baik sebelum berangkat agar saat beribadah dan padatnya aktivitas selama di tanah suci tidak membuat tubuh kaget.



4. Jaga Pola Pikir

Selain hal-hal di atas, tingkat stress adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan agar tubuh selalu fit dan prima. Menjaga pikiran tetap positif dan optimis perlu sekali kita lakukan. Selain menyemangati diri, hal tersebut meningkatkan kekuatan dalam tubuh kita.



Setelah melakukan beberapa hal di atas, Anda perlu untuk terus khusnudzon kepada Allah dan menyerahkan diri Anda sepenuhnya untuk beribadah. Insya Allah selalu dikuatkan.(AA)

Feb 27, 2022
Tips Fotografi Traveling Untuk Amatir

Annisatravel.com - Dokumentasi tidak dapat dipisahkan begitu saja dengan traveling. Anda pasti akan berusaha mengabadikan momen-momen seru saat sedang traveling. Begitu pun dengan segala keindahan yang Anda temukan. Terlalu luar biasa untuk dilewatkan tanpa dokumentasi sedikit pun. Karena itulah Anda butuh mengoperasikan kamera dengan cukup baik untuk mengambil gambar yang berkualitas.



Fotografer diidentikkan dengan orang yang sangat ahli di bidang fotografi. Namun, sebenarnya Anda pun dapat menjadi seorang fotografer. Paling tidak, Anda dapat mengabadikan momen penting saat traveling dengan teknik-teknik sederhana. Tidak ribet kok, Anda hanya perlu melakukan beberapa tips berikut ini.


1. Pelajari Tujuan Wisata

Ini adalah hal yang paling penting. Anda harus mempelajari seluk beluk tujuan wisata dengan amat baik. Jika perlu, Anda harus hafal di luar kepala jam berapa operasionalnya, bagaimana medan yang akan ditempuh, dan beberapa fakta unik yang bisa dijadikan informasi tambahan. Jangan sampai melewatkan satu spot pun agar Anda tidak menyesal nantinya.


2. Persiapkan Alat-Alat dengan Baik

Tidak perlu memiliki alat fotografi yang luar biasa canggih. Lebih baik menggunakan alat yang Anda miliki dan mengerti bagaimana cara pemakaiannya daripada Anda mencari alat-alat yang kecanggihannya di luar kemampuan Anda. Jika Anda memiliki smarphone terbaru dengan kamera yang bagus, tak ada salahnya menggunakannya saat traveling. Pelajari bagaimana mengatur pencahayaan, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.


3. Ambil dari Berbagai Angle

Saat mengambil gambar suasana atau sebuah oobjek, usahakan mengambil dari berbagai angle agar Anda memiliki beberapa pilihan. Fokuslah pada momen-momen dan objek yang penting dan jangan hanya ber-swafoto atau selfie. Karena, suatu saat Anda pasti ingin melihat bagaimana suasana di objek wisata, bukan foto selfie Anda sendiri yang bisa Anda lakukan di mana saja. 


4. Terapkan Teknik Fotografi Sederhana

Teknik sederhana yang harus Anda pahami adalah komposisi dan cahaya. Anda dapat belajar tentang fokus, 9 gride, golden hour, angle, shutter speed, diafragma, dan ISO. Paling tidak Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari langsung, mengatur komposisi yang artistik, dan menghindari foto-foto yang biasa.


5. Hindari Spot Sejuta Umat

Walaupun Anda mungkin hanya wisatawan biasa, jangan sampai foto yang Anda hasilkan juga biasa-biasa saja. Coba cari angle atau tempat yang tepat untuk mengambil momen. Gunakan insting Anda untuk mendapatkan hasil yang di luar dugaan. Jika Anda sudah sering melihat orang foto di tempat tersebut, lebih baik Anda mencari tempat lain atau sudut lain untuk mengabadikannya.



Setelah tahu beberapa tips di atas, Annisa yakin saat traveling selanjutnya Anda dapat membawa pulang foto-foto yang lebih bagus. Namun, jangan sampai kegiatan mengambil foto ini mengurangi momen Anda menikmati objek wisata secara langsung dengan mata kepala sendiri. (AA)

Feb 27, 2022
Daftar Barang Bawaan Wajib Selama Umroh



Annisatravel.com - Sebelum berangkat menuju Baitullah, sudah seharusnya Anda mempersiapkan diri baik-baik segala keperluannya. Jangan sampai Anda melewatkan satu hal saja sehingga mengganggu ketenangan saat beribadah nanti. Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan? Simak beberapa list berikut ini.


1. Check List Jamaah Wanita

Beberapa barang yang harus dibawa oleh jamaah wanita adalah sebagai berikut:

- Baju ihrom lengkap 2 stel

- Kaos kaki minimal 3 pasang

- Kaos dalam pendek maupun panjang

- Manset tangan

- Gamis dan kerudung

- Baju untuk tidur

- Legging atau celana tebal

- Baju hangat (saat di Arab Saudi sedang musim dingin)


2. Check List Jamaah Pria

Agak sedikit berbeda dengan jamaah wanita, perlengkapan untuk jamaah pria sebagai berikut:

- Kain ihrom

- Ikat pinggang

- Kaos putih

- Gunting kecil untuk tahalul

- Gunting kuku

- Alat cukur

- Minyak wangi

- Kain sarung


3. Perlengkapan Pendukung

Selain kebutuhan ibadah wajib, jamaah juga harus mempersiapkan hal-hal berikut:

- Perlengkapan doa dan guide

- Alquran kecil

- Kantung kecil untuk menyimpan batu

- Bantal tidur perjalanan

- Payung dan kacamata hitam

- Masker


4. Perlengkapan Pribadi Sehari-Hari

- Obat-obatan pribadi

- Alat mandi (usahakan tanpa parfum untuk jamaah wanita)

- Alat make-up (paling penting pelembab dan tabir surya, bedak, dan penyegar)


Selain yang ada dalam list di atas, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan diskusikan kembali dengan agen perjalanan Anda. Usahakan barang bawaan tidak melebihi jumlah bagasi yang telah ditetapkan oleh maskapai yang Anda gunakan. Setelah mempersiapkan peralatan dengan lengkap, yang Anda perlukan setelah itu adalah persiapan hati berkunjung mendekat ke Baitullah (AA)


Feb 27, 2022
Khidmatnya Umroh Di Akhir Tahun

Annisatravel.com - Musim liburan sudah di depan mata. Saatnya Anda merencanakan serangkaian kegiatan atau perjalanan berlibur bersama keluarga. Salah satu pilihan yang menarik adalah perjalanan religi ke tanah suci. Namun, sebagian orang masih merasa sangsi karena akhir tahun identik dengan ramainya musim liburan atau high season. 




Tonton dokumentasi perjalanan Umrah Annisa Travel 2018


Jangan lagi berpikir demikian karena Anda pun dapat menikmati waktu beribadah dengan khusuk di akhir tahun. Baca beberapa alasannya berikut ini.


1. Akhir Tahun Saatnya Muhasabah

Umroh akhir tahun membuka jalan yang lebar untuk Anda bermuhasabah atau introspeksi diri. Setelah semua pekerjaan dan kehidupan duniawi kita lalui dalam waktu satu tahun, sudah selayaknya kita bercermin sejenak, me-review, dan mengevaluasi diri. Alangkah indahnya jika proses ini kita lalui saat berada di dekat-Nya di Baitulla. Ini adalah alasan pertama umroh akhir tahun adalah momen yang harus Anda nikmati.


2. Momen Berkumpul dengan Orang Terdekat

Liburan akhir tahun adalah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga setelah sekian lama terpisah karena kesibukan. Umroh akhir tahun bersama keluarga akan menciptakan sebuah quality time yang penuh cinta. Bukan hanya antara Anda dan Pencipta, melainkan Anda dan keluarga.


3. Menghindari Wisata yang Mudharat

Saat akhir tahun sedikit banyak media memberikan beberapa referensi berbagai acara yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Sayangnya, tidak semua acara tersebut adalah acara bermanfaat. Karena itulah, kita perlu membuat rencana-rencana liburan yang bermanfaat seperti halnya perjalanan religi mendekat ke Baitullah.


4. Siap Jadi Pribadi yang Baru di Awal Tahun

Setelah bermuhasabah dan bermunajat di rumah-Nya, kita akan kembali sebagai manusia yang berbeda dan insya allah lebih baik daripada sebelumnya. Karena itu, diharapkan kita dapat mengawali tahun yang baru dengan lebih optimis dan iman yang makin tebal.



Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah siap dengan umroh akhir tahun ini, Travelmate? Anda dapat mendaftarkan diri Anda segera paket perjalanan umroh regular maupun umroh plus di Annisa Travel untuk keberangkatan akhir tahun 2018 (AA)


Feb 27, 2022
Kiat Merencanakan Bulan Madu Idaman

Annisatravel.com Persiapan pernikahan memang menyita waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Namun, di sela-sela persiapan tersebut ada baiknya pasangan juga merencanakan bulan madu idaman setelah menikah nanti. Walaupun bukan hal yang wajib, bulan madu dapat dijadikan sebagai sarana saling mengenal satu sama lain. Bisa dibilang, bulan madu adalah petualangan pertama pasangan suami istri sebelum benar-benar mengarungi bahtera rumah tangga.

Agar bulan madu idaman terwujud, beberapa hal berikut ini perlu Anda lakukan.



1. Tentukan Liburan yang Diinginkan Pasangan 

First thing first, buatlah kesepakatan liburan seperti apa yang diharapkan. Apakah hendak menyusuri pantai dan bermain ombak atau menikmati sunrise di pegunungan? Anda dan pasangan dapat mendiskusikan hal ini sembari mencari referensi objek wisata yang ingin dikunjungi. Perbedaan pendapat dalam merencanakan bulan madu idaman memang pasti akan terjadi. Hadapi dengan kepala dingin dan fokuslah untuk mendapatkan liburan terbaik.


2. Jangan Terlalu Kaku

Mempersiapkan liburan idaman memang perlu usaha ekstra, namun bukan berarti Anda harus strict dengan salah satu pilihan. Berikan ruang yang cukup longgar agar kemungkinan-kemungkinan tak terduga dapat terjadi. Bukankah kejutan yang seru saat liburan itu asyik? Bahkan, hal tersebut akan menambah kemesraan Anda dengan pasangan.


3. Cari Kegiatan yang Menantang

Berbulan madu di resort mewah dan objek wisata premium memang menggiurkan. Walau begitu, jangan menutup mata untuk melihat objek wisata lain di sekitar objek wisata utama. Buatlah bulan madu ini sebagai momen menantang untuk mengetahui karakter pasangan lebih dalam. So, bukan hanya bulan madu romantis yang akan Anda dapatkan, melainkan juga pengalaman seru yang harus dikenang.


4. Perbanyak Berburu Promo dan Diskon

Mencari harga terbaik sudah pasti harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menghindari berbulan madu saat high season. Pilihlah maskapai penerbangan dengan harga paling bersahabat di kelasnya. Jika menggunakan jasa travel agent memberikan keuntungan, tak ada salahnya untuk dicoba. Untuk menyiasati hal ini, bisa juga dengan memilih objek wisata dalam negeri, alih-alih ke luar negeri.


5. Anggarkan Sebaik Mungkin

Jangan sampai liburan bulan madu ini justru menambah beban keuangan Anda dan pasangan. Apalagi, Anda baru saja akan membuka lembaran baru pernikahan. Rencanakan sebaik-baiknya dan tentu saja tepati dengan baik anggaran dana tersebut. 


Nah, sudah sejauh mana Anda merencanakan bulan madu impian bersama pasangan?

Feb 27, 2022
Kemilau Musim Gugur Di Jepang

AnnisaTravel.com Berkunjung ke Jepang memang identik dengan menyaksikan bunga sakura bermekaran di musim semi. Keindahan musim semi ini tak ayal menarik begitu bayak wisatawan pada bulan April-Mei. Otomatis, pada bulan-bulan tersebutlah terjadi high season liburan ke Jepang. Jika Anda ingin menikmati suasana Jepang yang lebih tenang, Anda bisa datang saat musim gugur di bulan Oktober-November.

Tak kalah dengan semaraknya musim semi, musim gugur di Jepang juga indah. Pemandangan alam yang didominasi warna kuning, oranye, dan merah dari daun yang mulai berguguran menyajikan pengalaman yang luar biasa. Di Jepang, menikmati pemandangan daun musim gugur disebut dengan Kouyou dan ditunggu-tunggu oleh kebanyakan keluarga di Jepang. Hampir seluruh Jepang, baik di pedesaan maupun perkotaan berubah menjadi tenang dan syahdu di musim gugur. Namun, ada beberapa tempat yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung di Jepang kala musim gugur.



1. Arashiyama, Kyoto

Pertama-tama, Anda harus berkunjung ke Arashiyama di Kyoto, tempat paling terkenal untuk menikmati pemandangan indah dedaunan pohon saat musim gugur. Setelah puas dengan keindahangan alam, Anda bisa langsung lezatnya makanan khas Kyoto dan kuil-kuil peninggalan budaya Jepang. Di sekitar Arashiyama, Anda akan menemukan jalanan setapak di atara bambu-bambu tinggi yang begitu indah di malam hari.


2. Midosuji Avenue, Osaka

Bukan hanya pohon-pohon liar di hutan yang merayakan musim gugur. Pepohonan di pinggir jalanan kota di Osaka juga menampakkan kecantikannya. Khususnya di daerah Midosuji avenue. Pohon Gingko yang berjajar di kanan dan kiri jalan menampakkan warna kuning menyala di siang hari yang cerah. Spot yang sempurna untuk mengambil foto.


3. Desa Shirakawa, Gifu

Setelah mampir ke perkotaan, Anda bisa melongok jauh ke pedesaan Shirakawa, Gifu. Tempat ini adalah salah satu situs warisan budaya yang diakui oleh UNESCO, terletak di dekat sungai Shogawa yang membentang panjang di prefektur Gifu. Keindahan alam musim gugur dipadukan dengan arsitektur Jepang tempo dulu sungguh pemandangan yang klasik dan tak terlupakan.


4. Fuji, Shizuoka

Gunung Fuji, salah satu ikon wisata Jepang yang melegenda. Tentu saja bentangan alam luas yang berwarna kuning-oranye akan makin berkilauan seperti emas jika disandingkan dengan Gunung Fuji yang gagah. Pemandangan ini sungguh akan membuat siapa saja terpana takjub.


Sudah siap liburan ke Jepang musim gugur ini, Travelmate?

Feb 27, 2022
Barang Unik Yang Sering Dibawa Saat Traveling

Annisatravel.Com Sahabat, Sebelum Traveling Pasti Kita Akan Mempersiapkan Segala Keperluannya Dengan Baik Agar Saat Traveling Nanti Rencana Berjalan Seperti Yang Diharapkan. Nah, Karena Terlalu Banyak Yang Harus Dipersiapkan Terkadang Kita Tidak Menyadari Telah Memasukkan Barang-Barang Yang Tidak Terlalu Penting. Maksud Hati Ingin Berjaga-Jaga, Namun Ternyata Sampai Bagasi Overload!



Dalam Artikel Kali Ini, Annisa Akan Memberi Daftar Benda-Benda Apa Saja Yang Sebaiknya Tidak Perlu Dibawa Saat Sedang Traveling. Simak Beberapa Daftar Berikut Ya!


1. Baju Ganti Berlebih

Baju Ganti Memang Penting Untuk Dibawa, Namun Tidak Berlebih! Perhatikan Cuaca Dan Musim Tempat Tujuan Anda. Siapkan 1 Stel Baju Untuk 1-2 Hari. Boleh Lebih Jika Anda Mungkin Berpikir Akan Menghabiskan Waktu Dengan Berbasah-Basahan Atau Kotor-Kotoran. Baju Berlebih Akan Merepotkan Anda Saat Packing. Toh, Jika Kekurangan Baju Anda Bisa Membeli Baju Di Tempat Tujuan.


2. Sepatu Cadangan

Jika Memang Tidak Benar-Benar Dibutuhkan, Pakailah 1 Sepatu Saja Yang Nyaman Digunakan Untuk Segala Situasi. Selain Menghabiskan Banyak Ruang Di Tas Perjalanan, Keberadaan Sepatu Cadangan Tidak Terlalu Dibutuhkan Jika Anda Dapat Memperkirakan Dengan Tepat Perjalanan Anda Nantinya.


3. Alat Mandi

Eits.. Bukan Berarti Anda Tidak Boleh Membawa Peralatan Mandi! Yang Tak Perlu Dibawa Adalah Peralatan Mandi Dengan Botol Atau Tube Yang Besar. Pergunakan Kemasan Travel Yang Simple Dan Bisa Dibawa Ke Mana Saja Tanpa Mengambil Banyak Tempat.


4. Gelas Dan Piring

Apabila Anda Telah Melakukan Trip Dengan Menyertakan Pemesanan Tempat Menginap, Sebaiknya Hindari Membawa Gelas Dan Piring Yang Justru Hanya Akan Merepotkan Dan Menambah Beban Bawaan Anda.


5. Camilan Dengan Jumlah Banyak


So, Sahabat Apakah Sering Membawa Barang-Barang Di Atas? (AA)


Feb 27, 2022
Annisa Travel Berangkatkan 70 Rombongan Haji VVIP Dan Haji Plus 2018

AnnisaTravel.com – Rombongan Jemaah Haji VVIP dan Haji Plus Annisa Travel sebanyak 70 orang berangkat hari (9/8) ini menuju Madinah untuk menunaikan serangkaian Ibadah Haji. Dari jumlah rombongan tersebut, sebanyak 37 orang merupakan Jemaah VVIP Annisa Travel dan sisanya Haji Plus.

Demikian disampaikan Direktur Utama Annisa Travel Eri Heriawati, di sela-sela menjelang keberangkatan rombongan Haji VVIP dan Plus Annisa Travel.


Menurut Eri Heriawati, rombongan Haji VVIP ini berangkat tanpa harus menunggu daftar tunggu. Beda halnya Jemaah Haji Plus yang menunggu empat sampai lima tahun. “Jemaah Haji VVIP bisa langsung berangkat paling lambat pendaftaran dua minggu sebelum musim haji,” ujarnya seraya menambahkan bagi mereka yang keterbatasan waktu dan ingin segera menunaikan rukun Islam kelima, maka Haji VVIP menjadi solusinya.



Jemaah Haji VVIP ini menjadi difrensiasi Annisa Travel dibandingkan travel lainnya. Pasalnya, tidak banyak travel haji dan umroh yang mampu memberi jasa layanan Haji VVIP, karena keterbatasan quota visa haji khusus tersebut yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi dengan sangat terbatas.


Eri menambahkan, Annisa Travel sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu travel yang mendapat kepercayaan melayani Haji VVIP. “Annisa Travel menawarkan perjalanan Ibadah Haji VVIP prime time dengan beberapa pilihan lamanya perjalanan. Dari mulai program Haji VVIP 12 hari, 14 hari hingga 18 hari,” ujarnya serius. Paket ini sangat cocok bagi mereka yang tidak punya banyak waktu, tapi ingin menjalankan Ibadah Haji. Di mana paket 12 akan berangkat pada 4 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah. Dimana tanggal 4 Dzulhijjah tersebut merupakan keberangkatan terakhir seluruh Jemaah Haji Indonesia.


Namun demikian, sambung pendiri Annisa Travel ini, tidak ada yang membedakan antara Haji VVIP dengan Haji Plus Annisa Travel dari segi pelayanan. Semua rombongan Haji Annisa Travel selama di Madinah dan di Baitullah, Mekkah menginap di hotel full berbintang. “Selama menjalankan serangkaian Ibadah Umrah dan Haji, Jemaah akan aman dan nyaman beribadah selam 24 jam tanpa harus stress memikirkan jarak tempat ibadah,” ujanya serius. 


Itu sebabnya dari awal keberangkatan sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga membuat Jemaah nyaman. Penerbangan, misalnya, direct madinah tanpa transit sehingga tidak menyita tenaga dan waktu. 


Tak hanya itu, perhitungan waktu lamanya perjalanan sudah diperhitungkan secara matang, yaitu 4 Hari 3 malam di Madinah ( 27 Dzulqaidah - 01 Dzulhijjah ) dan 15 hari full di Hotel Ghufran Mekkah (01 Dzulhijjah - 15 Dzulhijjah).


Selama di Madinah rombongan Jemaah Haji Annisa Travel menginap di Hotel Movenpick Anwar Madinah yang berjarak kurang dari 5 menit jalan kaki dari Masjid Nabawi. Hotel ini hanya berjarak 4 km dari Gunung Uhud dan 3 km dari Pasar Kurma Madinah. Di Madinah jemaah akan dibimbing untuk mengetahui tempat-tempat istimewa, diantara Raudhah, Masjid Quba dan Jabal Uhud. 


Sementara selama di Mekkah jemaah akan menginap di Hotel Dar Al-Ghufron yang terletak di depan Gerbang King Abdul Aziz, dan menyediakan kamar-kamar dengan pemandangan cakrawala Mekkah. Ada beberapa tempat istimewa di Mekkah, yaitu Multazam, Maqom Ibrahim. Hijr Ismail, Rukun Yamani, ada Jabal Tsur, Jabal Rahmah Hajar Aswad, dan Mina Muzdalifah, yang dikenal sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan lempar Jumrah.

 

Sementara setiap musim Haji menjelang tanggal 9 Dzulhijjah, Arofah didatangi umat Islam dari seluruh dunia untuk melakukan Wuquf. Wuquf adalah mengasingkan diri atau mengantarkan diri ke suatu panggung replika Padang Mahsyar. 


Ada juga Muzdalifah, tempat jamaah haji diperintahkan untuk singgah dan bermalam setelah bertolak dari Arafah pada malam hari. Bermalam di Muzdalifah hukumnya wajib. Maka siapa saja yang meninggalkannya diharuskan untuk membayar Dam.


Erika menambahkan, para jemaah selama menjalankan serangkaian ibadah haji akan dilayani para pendaming dan dibimbing oleh ustadz yang mumpuni keilmuannya seperti Ustadz Hasan Ali Al Bahar, Guru Arkani Bahran dan Ustadz Sopiallah Muhajir, dan Ustadz Nor Khalim Mansyur, sehingga ibadah haji akan lebih khusu’ dan semoga ketika ke tanah air para jemaah bisa menjadi Haji Mabrur. “Sungguh Haji yang Mabrur tidak ada balasannya kecuali syurga,” kata Erika panggilan akrab Eri Heriawati mengutip HR Bukhari dan Muslim.


Lebih lanjut ditambahkan, layanan Annisa Travel dilakukan secara terintegrasi. Mulai handling di Bandara dan Imigrasi, special handling selama di Jeddah dan special handling selama pelaksanaan haji. Semua pelayanan tersebut dilakukan sendiri oleh tim Annisa Travel.


Oleh karena itu, lanjut Erika, Annisa Travel mengutamakan optimalisasi dengan layanan kekeluargaan. Diharapkan secara psikologis, pendekatan demikian mampu menciptakan harmonisasi sesama jemaah, sehingga diharapkan menjadi Haji Mabrur. 


Tentang Annisa Travel

PT RADIAN KHARISMA WISATA atau lebih dikenal dengan Annisa Travel ini berdiri tahun 2003. Bergerak di bidang jasa perjalanan, baik domestik maupun internasional. Dalam perjalanannya, manajemen sangat konsern terhadap pendekatan customer insight. Ini merupakan kemampuan perusahaan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Bagi Annisa Travel membangun interaksi positif antara customer dengan manajemen menjadi “jembatan” yang mampu membangun chemistry, sehingga terbentuk kepercayaan yang terintegrasi pada jalur penyampaian layanan.


Rekam jejak dimulai dari keterlibatan Annisa Travel menjalankan kegiatan pariwisata dan promosi produk-produk Indonesia dalam forum-forum pameran, seminar dan MICE dalam skala internasional. Ratusan event dalam kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) dan Event Organizer. Annisa Travel sering terpilih sebagai Official Travel resmi, dalam penyelenggaraan MICE baik dalam maupun luar negeri dari sejumlah kementerian dan korporasi dalam mengantarkan delegasi Indonesia di event-event MICE mancanegara. 


Feb 27, 2022
Yuk, Berkenalan Dengan Jamaah Haji Khusus Termuda Dan Tertua Annisa Travel!

Menjalankan rukun islam yang kelima adalah kewajiban bagi yang mampu. Kapankah umur yang menjadi standar kemampuan tersebut? Ternyata tidak terbatas. Selama Sahabat mampu hendaklah menyegerakan pergi beribadah haji, seperti dua jamaah tertua dan termuda Annisa Travel tahun 2018.



Jamaah haji plus Annisa Travel berasal dari Pangkalan Bun, bernama Abdullah Mustab Kaderi berusia 77 Tahun, beliau mempunyai 7 anak, cucu 20, dan cicit 4. Kakek Abdullah merupakan jamaah haji plus Annisa Travel tertua tahun ini, walaupun usia sudah senja, namun semangatnya masih terasa luar biasa.


Beliau juga merupakan salah satu dari 38 orang jamaah haji plus yang menggunakan visa furoda (visa haji resmi dari Kerajaan Saudia Arabi) tanpa menunggu/waitinglist yang diberangkatkan oleh anak, cucu dan cicitnya. Sungguh luar biasa.


Ada yang tua, ada yang muda, tahun ini juga Annisa Travel memberangkatkan jamaah haji termuda, berusia 24 Tahun, dari Sampit. Visa yang digunakan adalah visa haji resmi kuota Kementerian Agama, sudah menunggu / waitinglist 4 tahun untuk dapat berangkat ke Baitullah.


Wanita muda ini berangkat dengan ayah dan ibundanya, berangkat bertiga, dia bernama Yayah Rodiah Muhamad Yamin. Usia muda tidak berarti belum ada kesempatan dan panggilan ke Baitullah.


Tua, muda kalau sudah dipanggil untuk ke Baitullah, insya Allah pasti ada jalan dan kesempatan (Rouf)


Feb 27, 2022
Prosedur Mutasi Pindah Calon Jemaah Haji

Annisa Travel (01/8) Dalam masa pendaftaran Haji dapat ditemukan beberapa kondisi yang membuat jamaah melakukan perpindahan buku antar penyelenggara ibadah haji khusus. Hal tersebut diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal PHU Nomor 104 Tahun 2017 tentang Pedoman Perpindahan Jemaah Haji Khusus Antar Penyelenggara Ibadah haji Khusus.


Perpindahan dapat dilakukan dengan syarat

a.   Jamaah haji telah memperoleh nomor porsi

b.   Penggabungan suami/istri, anak/menantu/orang tua, kakak/adik yang terdaftar pada PIHK yang berbeda

c.   Perubahan paket / program yang diinginkan jamaah

d.   PIHK asal tidak dapat melakukan pelunasan BPIH Khusus Jamaah Haji dan faktor penghambat lainnya yang dihadapi oleh biro perjalanan (hukum, dll)

e.   PIHK memperoleh jamaah yang Haji yang berhak melunasi melebihi jumlah maksimal yang ditentukan



Beberapa syarat & tata cara perpindahan adalah:


  1. PIHK yang terkait dengan perpindahan jemaah haji akan mengumpulkan berkas persyaratan seperti proses pendaftaran awal (baca juga: Alur Pendaftaran Haji Khusus) dan melakukan verifikasi ulang terlebih dahulu
  2. Bagi jamaah yang akan pindah, akan dikenakan biaya pinalty yang besarannya tergantung kebijakan PIHK asal
  3. PIHK yang akan menerima perpindahan jamaah haji akan melakukan verifikasi berkas dan melakukan konfirmasi dua arah kepada jamaah
  4. Jika proses verifikasi selesai, maka jamaah dapat mengikuti alur selanjutnya menunggu waiting list keberangkatan



Demikianlah proses pindah buku haji. Bagi sahabat Annisa yang telah siap menjadi tamu Allah, segerakanlah berangkat dan mulai melakukan perencanaan dengan matang. Hubungi call center Annisa Travel (021) 2912-7777 untuk mengetahui lebih lanjut perencanaan perjalanan ibadah haji anda. (AA)

Feb 27, 2022
Alur Pendaftaran Haji Plus

AnnisaTravel (31/7) Belum banyaknya informasi mengenai tata cara dan alur dalam mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji ke tanah suci, tentunya menjadi satu hal yang harus diperhatikan di Indonesia. Terlebih Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Padalah informasi seputar bagaimana memilih Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), teknis pendaftaran, sistem pembayaran, dan lainnya dapat membantu perencanaan calon jamaah haji dengan matang.



Menunaikan ibadah haji terbagi atas dua jalur, yakni jalur reguler dan khusus. Yang membedakan keduanya antara lain adalah daftar tunggu, waktu ibadah, fasilitas akomodasi, dan termasuk mengenai biaya. Lalu seperti apakah alur pendaftaran bagi anda yang ingin memilih Haji khusus? Berikut adalah alur pendaftaran haji khusus Annisa Travel :


  1. Calon jamaah dapat mendatangi dan berkonsultasi dengan Annisa Travel sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama

  2. Apabila calon jamaah haji telah mendapatkan informasi yang lengkap dan ingin mendaftarkan langsung program Haji Khusus, maka dapat memberikan persyaratan yang dibutuhkan serta setoran awal sebesar USD 4.000 / orang kepada pihak Annisa Travel.

  3. Annisa Travel akan melakukan proses entry data jamaah dengan mengajukan permohonan kepada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, kemudian petugas Annisa Travel akan mengisi formulir SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) yang meliputi No. SPPH, No. Pendaftaran dan identitas jamaah, kemudian SPPH tersebut akan di tandantangani dan dicap stempel oleh petugas Kemenag.

  4. Dari kantor wilayah Kemenag provinsi tersebut, SPPH yang sudah ditandatangani dan cap stempel akan dibawa oleh petugas Annisa Travel ke BPS / Bank Penerima Setoran untuk menyetorkan setoran awal Sebesar USD 4.000, dan BPS BPIH akan mengeluarkan bukti BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) setoran awal dan bukti transfer ke rekening BKPH Kemenag RI

  5. Proses registrasi pun selesai, dan jamaah sudah terdaftar sebagai calon jamaah haji khusus di Annisa Travel dan mendapatkan nomor porsi yang tercatat dalam sistem SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) Kementerian Agama

Sambil menunggu jadwal keberangkatan, para jamaah haji Annisa Travel akan tetap mendapatkan pengawalan dan update berkala. Dan kemudian jika telah mendapatkan status berhak berangkat haji yang di umumkan oleh Kemneterian Agama, maka jamaah diharuskan untuk melakukan pelunasan biaya paket haji khusus yang di tetapkan oleh Annisa Travel pada setiap tahun keberangkatan, kemudian jamaah akan diberikan pelatihan / manasik haji dan lainnya hingga waktu keberangkatan jamaah tiba (AA)

Feb 27, 2022
10 Keunggulan Haji Khusus Di Annisa Travel


Annisatravel.com (31/7) Haji merupakan rukun Islam kelima, dimana sebagai umat muslim wajib menunaikan ibadah haji bagi yang mampu secara fisik maupun finansial. Dan untuk menentukan perjalanan ibadah haji perlu perencanaan yang matang menyangkut proses, alur, hingga kenyamanan saat menunaikan ibadah ke rumah Allah SWT.

Annisa Travel sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) siap mengakomodir kebutuhan perjalanan Ibadah Haji dengan keunggulan-keunggulan sebagai berikut:


  1. Legal & memiliki ijin resmi sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Kementerian Agama
  2. Melayani permintaan paket perjalanan haji prioritas tanpa daftar tunggu
  3. Program haji kuota Kemenag dan prioritas hanya 19 hari dengan waktu dan lokasi hotel yang sangat dekat dengan masjidil Harom dan Nabawi, sehingga kekhusu’an beribadah di tanah suci di jamin nyaman dan aman.
  4. Pembimbing ibadah haji yang berilmu dan berpengalaman dengan dibimbing langsung oleh Dr. Ali Hasan Al Bahar, LC,. MA, serta di dukung oleh Tim Handling, Muthawif dan Muthawifah yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan haji dan umroh.
  5. Penerbangan bintang lima Direct Flight ke Madinah/ Jeddah, dengan Garuda Indonesia atau Saudia Airlines, tanpa menyita tenaga dan waktu
  6. Hotel sesuai dengan yang ditawarkan (bukan yang setaraf), berada di pelataran Masjidil Haram dan Majid Nabawi
  7. Perhitungan waktu lamanya perjalanan paket ibadah yg telah di perhitungkan dgn matang
  8. Tanpa Hotel Transit dapat fokus beribadah, kebanyakan travel lain masih banyak menggunakan apartemen transit yang berjarak 5 – 10 KM ke Masjidil Harom,
  9. Fasilitas ibadah saat pelaksanaan Thawaf, Sai dan pada saat di Arofah menggunakan Earphone tour guide system, sehingga jamaah lebih khusu’ dan jelas mendengarkan doa- doa , dan arahan dari pembimbing ibadah
  10. Mengutamakan optimalisasi dalam ibadah dengan layanan kekeluargaan


Tahun ini Annisa Travel akan memberangkatan para jamaah haji yang telah mendapat pembekalan di tanah air melalui rangkaian kegiatan manasik yang akan langsung didampingi oleh Dirut PT. Radian Kharisma Wisata, Ibu Erika Suhardi, serta para pembimbing yaitu Ustadz Ali Hasan Al Bahar, ketua asatidz harian Ust. Muhajir, dan pendamping Annisa Gold, Ibu Fita Noor.

Untuk informasi mengenai pendaftaran haji, Sahabat dapat berkonsultasi menghubungi call center Annisa Travel (021) 2912-7777


Semoga jamaah haji mendapatkan ibadah yang mabrur dan selamat sampai tujuan!

Feb 27, 2022
Atasi Jetlag Dan Culture Shock Saat Traveling

Traveling bukan hanya sekedar berpindah tempat untuk menikmati objek wisata. Lebih dari itu, traveling bisa menjadi salah satu sarana kita melakukan perjalanan hidup. Bukan terlalu filosofis, karena dengan traveling kita memang akan belajar banyak hal, menjadi pribadi yang berbeda, dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.




Di balik keseruannya, ada beberapa tantangan yang harus kita taklukkan agar dapat menikmati traveling tanpa halangan, salah satunya adalah gegar budaya atau cultural shock. Jangankan ke luar negeri, ke provinsi yang berbeda saja terkadang kita masih dibuat bingung dengan tradisi setempat. Apalagi jika sudah pergi ke luar negeri dengan kebiasaan, Bahasa, dan kebudayaan yang amat berbeda.

Berikut ini tips agar Anda tetap waspada dan dapat meng-handle masalah gegar budaya saat Anda melancong ke luar negeri. Simak beberapa poin berikut, Travelmate!



1.   Positive Thinking tapi Waspada

Percayalah bahwa setiap orang memiliki niat yang baik pada dasarnya. Latihlah diri Anda untuk tidak berburuk sangka, terlebih hanya dengan melihat penampakan luar dari seseorang. Dengan berpikir seperti itu, Anda akan menjadi sosok yang ramah terhadap orang lain, khususnya saat traveling ke luar negeri nanti. Namun bukan berarti Anda lengah ya, Travelmate. Tetaplah waspada karena kita tidak akan tahu apa yang akan orang lain lakukan.



2.   Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Sebelum berangkat, jangan malas untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat yang akan Anda kunjungi. Buku dan internet dapat memberikan Anda informasi yang cukup. Bertanyalah kepada teman atau kerabat yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Jika Anda sudah mengetahui seluk-beluk tempat tersebut Anda dapat melakukan berbagai antisipasi di sana nantinya.



3.   Jangan Ragu untuk Belajar

Walaupun Anda hanya akan berkunjung ke tempat tersebut dalam jangka waktu singkat, bukan berarti Anda tidak harus belajar. Paling tidak, belajarlah Bahasa sederhana sehari-hari yang biasa digunakan oleh turis. Misalnya, untuk bertanya arah atau membeli sesuatu. Tidak dapat dipungkiri, jika seorang turis dapat berbahasa local, orang-orang local dapat bersikap lebih ramah dan terbuka.



4.   Buat Daftar dengan Detail

Reancanakan perjalanan dengan detail. Jangan sampai Anda melewatkan hal apa pun agar perjalanan lancar dan Anda tak perlu untuk bersusah payah menyesuaikan diri kembali.



5.   Nikmati Saja Alurnya

Setelah mengupayakan sebaik mungkin, sulit rasanya tidak kagok untuk berkomunikasi dengan orang asing. Nikmati saja sebagai keistimewaan traveling. Toh pengalaman ini akan membuat diri Anda lebih baik pastinya.


Feb 27, 2022
Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Berlibur

Keluar dari kesibukan dan rutinitas yang menjemukan adalah salah satu tujuan dari traveling. Namun tak jarang tujuan tersebut tidak terlaksana karena Anda melakukan traveling di waktu dan tempat yang tidak tepat. Misalnya, hotel yang dipesan sudah penuh, anjungan atau objek wisata penuh dengan antrean, serta kemacetan lalu lintas yang tidak dapat dihindari. Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada baiknya kita memilih waktu yang tepat, baik untuk memesan tiket, untuk berlibur, dan mengajukan cuti.

Artikel ini akan membahas beberapa waktu tepat yang perlu Anda catat agar traveling Anda berjalan seperti yang diharapkan.




1.   Waktu Liburan

Hindari Peak Season atau saat orang-orang paling banyak mengambil waktu untuk berlibur. Selain karena harga tiket pasti jauh lebih mahal dibanding dengan hari-hari biasa, pada saat ini orang-orang akan banyak berkumpul ke objek wisata. Suasana yang riuh membuat liburan Anda tidak tenang. Bahkan Anda tidak akan memiliki banyak pilihan akomodasi seperti yang Anda harapkan. Waktu yang tepat untuk berlibur adalah 2 minggu – 1 bulan sebelum atau sesudah peak season. Pada saat-saat ini orang-orang yang berlibur sedikit dan suasana objek wisata lebih lengang. Anda dapat bersantai sejenak dan menikmati suasana.



2.   Saatnya Membeli Tiket Perjalanan

Perlu perhitungan waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat. Harga tiket pesawat akan sangat fluktuatif berdasarkan penawaran dan permintaan. Waktu yang paling tepat untuk mendapatkan tiket termurah, menurut survey, adalah di hari ke-54 sebelum keberangkatan atau paling tidak 3 minggu-3 bulan sebelum waktu keberangkatan. Jika tidak ingin terlalu mepet, Anda dapat membeli di 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Tentu saja dengan harga yang tidak semurah di hari ke-54 tersebut.



3.   Mengajukan Cuti Kerja

Cuti kerja merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan traveler, terutama yang memiliki ikatan kerja. Untuk mendapatkan approval cuti dengan mudah, Anda harus mengajukan cuti di saat yang tepat. Jangan terlalu mendadak. Minimal 2 minggu sebelum keberangkatan Anda harus sudah menyerahkan surat cuti. Lebih baik jika 1 bulan sebelumnya. Sehingga, Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas-tugas dan atau menyerahkan beban tugas sementara kepada teman satu unit.



Nah, bagaimana, Travelmate? Anda sudah menentukan waktu yang tepat untuk merencanakan traveling Anda selanjutnya?