Haramain Kereta Cepat Saudi Arabia Yang Melayani Jamaah Umrah Haji


  • Eds@annisatravel.com
  • 20 Juni 2019
Haramain, Kereta Cepat Saudi Arabia yang melayani Jamaah Umrah Haji

Kereta kecepatan tinggi Mekkah-Madinah atau Kereta kecepatan tinggi Haramain adalah sebuah sistem transportasi kereta kecepatan tinggi antar kota di Saudi Arabia dengan jalur sepanjang 449,2 kilometer. Jalur ini akan menghubungkan kota suci umat Islam Madinah dan Mekkah melalui Kota Ekonomi Raja Abdullah (KAEC), Rabigh, Jeddah dan Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Jalur ini akan terhubung dengan jaringan nasional kereta api di Arab Saudi di Jeddah.


"Haramain" yang berarti dua tanah suci, merujuk pada kota Mekkah dan kota Madinah, yang merupakan dua tempat suci bagi umat Islam. Kereta cepat ini bisa mencapai kecepatan hingga 300 km per jam, sehingga waktu tempuh dari Mekkah ke Madinah bisa dipersingkat menjadi hanya sekitar 2 jam saja. Sebelumnya para jamaah harus menghabiskan waktu hingga 6 jam perjalanan menggunakan bus. Jalur kereta cepat ini diharapkan dapat membawa tiga juta penumpang per tahun, termasuk jemaah haji dan umrah, serta membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan-jalan.


Kereta beroperasi setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu dan akan jalan setiap satu jam sekali di masa yang akan datang. Kereta ini mempunyai lima stasiun pemberhentian yaitu:

  1. Makkah
  2. Jeddah
  3. King Abdulaziz International Airport
  4. King Abdullah Economic City
  5. Madinah

Berikut harga kisaran tarif Kereta Cepat Haramain (2018) :


Rute Jeddah - Makkah / Makkah - Jeddah
Kelas Ekonomi: 20 SAR (Rp. 80.000) /
Kelas Bisnis: 25 SAR (Rp. 100.000)


Rute Makkah - Madinah / Madinah - Makkah
Kelas Ekonomi: 75 Riyal (Rp. 300.000)
Kelas Bisnis: 125 Riyal (Rp. 125.000)


Rute Jeddah - Madinah / Madinah - Jeddah
Kelas Ekonomi: 63 Riyal (Rp. 252.000)
Kelas Bisnis: 105 Riyal (Rp. 420.000)


Berikut sekilas pengalaman tim Annisa Travel yang menumpangi Kereta Cepat ini pada Lebaran Idul Fitri tanggal 4 Juni 2019 yang lalu:

Kereta ini belum beroperasi dengan kecepatan maksimal dikarenakan masih dalam tahap uji coba, ketika tim Annisa mencoba naik kereta ini kecepatan ditempuh hanya maksimal rata-rata 175km / jam. Hal ini juga mungkin disebabkan oleh kondisi cuaca panas di jalur yang membelah gurun tandus. Untuk pemesanan kereta ini, dapat dilakukan secara online di website http://hhr.sa atau melalui vending machine yang tersedia di stasiun. menggunakan kartu kredit. 


Stasiun kereta cepat Haramain ini sangat bagus dan memiliki sarana yang lengkap seperti Toilet, Mushola, kafe, Restoran, serta tempat parkir yang luas. Untuk jamaah Umrah Haji yang menggunakan bis/Taksi biasanya dijemput di Pick-up Point lantai Dasar. Sistem Check-In kereta cepat ini sama seperti di bandara pada umumnya, calon penumpang harus menunjukkan print tiket dan paspor masing-masing ke depan counter yang telah disediakan. Porter juga tersedia di beberapa titik di stasiun dengan menggunakan seragam khusus yang mudah dikenali. 


Namun, kereta cepat haramain ini memiliki beberapa kekurangan yang dirasa untuk Jamaah Haji Indonesia seperti:


1. Alur Keberangkatan di Stasiun yang Kurang Efektif

  • Ketika memasuki area stasiun, kami turun dari mobil di lantai dasar (G)
  • Untuk proses check-in harus naik 1 lantai ke area check in (Lantai 1).
  • Setelah proses check-in selesai, penumpang harus melewati antrian security check (X-Ray) yang berada di lantai 2 dan menunggu (boarding) di area tersebut di lantai yang sama (Lantai 2).
  • Ketika kereta akan diberangkatkan, maka penumpang harus turun kembali ke peron yang berada di lantai Dasar (G) menggunakan eskalator atau lift untuk difabel.
  • Alur ini dirasa kurang efektif dan efisien namun hal tersebut dapat dimaklumi karena interior stasiun yang mewah serta nyaman untuk menunggu keberangkatan kereta.


2. Bagasi Harus Membawa Masing-Masing

Sama seperti prosedur turun/naik penumpang di stasiun di Indonesia, walaupun terdapat beberapa porter yang tersedia namun jumlahnya masih sangat sedikit dan penumpang tetap harus membawa masing-masing bagasi saat security check maupun saat berada di peron untuk turun/naik kereta. Jasa porter adalah senilai 20 Riyal untuk 1 koli bagasi dan Trolley tersedia dengan harga yang sama. Annisa Travel sangat menyarankan untuk tidak membawa bagasi yang beratnya di atas 20kg karena kompartemen yang sangat terbatas di dalam kabin kereta dan tidak ada tenaga porter/pramugari yang membantu menaikturunkan bagasi jamaah. 


3. Tidak bisa memilih seat serta Belum ada Pemisahan Gerbong Antara Akhwat dan Ikhwan

Ketersediaan gerbong dan jadwal yang masih sangat terbatas menjadikan pemesanan tiket kereta ini dilakukan segera dan tidak bisa mendadak. Sehingga jamaah tidak bisa memilih tempat duduk serta belum ada pemisahan gerbong antara Akhwat dan Ikhwan. Besar kemungkinan saat menaiki kereta ini jamaah akan terpisah dengan keluarga maupun jamaah yang satu rombongan.


Anda Dapat Memesan Tiket Kereta Cepat Haramain Ini Melalui Call Center Annisa Travel 021-29127777 Atau WhatsApp 0811-356-7777. Demikian kisah pengalaman menaiki kereta cepat Haramain oleh tim Annisa Travel. Semoga kereta cepat ini dapat menjadi alternatif transportasi yang lebih cepat dan nyaman untuk jamaah umrah haji Indonesia di masa yang akan datang. (KN)